skip to main content

RANCANG ULANG MESIN FERMENTASI ROTI DENGAN PENDEKATAN REKAYASA NILAI DAN ANALITICAL HIRARCHY PROCESS DIGUNAKAN SEBAGAI PEMBOBOTAN ALTERNATIVE

*Hakam Muzakki  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dalam makalah ini dibahas mengenai rekayasa ulang mesin fermentasi dengan beberapa alternatif rancangan dan komponen untuk meningkatkan kinerja dari mesin, serta juga dibahas mengenai analisa biaya dari masing-masin rancangan sehingga harga dari mesin yang baru lebih terjangkau oleh home industri. Agar pembahasan makalah ini lebih fokus maka studi kasus dilakukan pada perusahaan home industri roti UD XYZ di kabupaten Bangkalan.

Metode dan teknik yang digunakan dalam merancang ulang mesin fermentasi roti pada home industry UD XYZ dengan pendekatan rekayasa nilai, sistem pakar dipergunakan untuk langkah informasi, langkah kreative, dan penetuan kriteria dan pembobotan. fishbone diagram dan Pareto diagram dipergunakan untuk tahap identifikasi dan kreative. AHP dipergunakan untuk pembobotan dan penentuan kriteria atau alternatif.

Alternatif 1 merupakan rancangan yang paling baik dibandingkan dengan alternatif-alternatif yang lain, dan mempunyai kinerja hampir dua kali lipat dibandingkan dengan mesin awal.

Kata kunci : mesin fermentasi roti, rekayasa nilai, analitical hyrarchy process

 

Abstract

This paper is discussed about redesign fermentation machine by some design alternatives and componens to improve performance of machine, it is also explained about cost analysis each design so the price of machine is cheaper so the home industries can buy it. To focuse, this paper has token in a home indutry. It is UD XYZ in Bangkalan distric.

Teknique and method has been used to redesign fermentation cake at the home industry UD XYZ by value engineering, expert system is used to information stage, creative stage, and criteria decission stage and wight. Fishbone diagram and pareto diagram are used to identification and creative stage. AHP is used to wight and creative or alternative decission.

Alternative 1, one of some alternative, is the best alternative when compared with another and it has more than the old machine.

Keyword : baerd fermentation machine, value engineering , analitical hyrarchy process

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-28 20:36:52

No citation recorded.