skip to main content

Aplikasi Gameplay Edukasi Pencegahan Obesitas dengan Menggunakan Algoritma Astar dan Greedy pada Pencarian Jalur Makanan

Published: 16 Nov 2019.
Open Access Copyright (c) 2020 JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA

Citation Format:
Abstract
Edukasi untuk obesitas sangatlah penting dilakukan. Salah satunya dapat dilakukan dengan game edukasi berbasis TD. Untuk dapat mengedukasi masyrakat tentang obesitas maka dibutuhkan gameplay yang memperlihatkan tentang makanan sehat, makanan tidak sehat dan kebutuhan olahraga. Pada tugas akhir ini kami menggunakan algoritma Astar dan Greedy sebagai gameplay yang diimplementasikan pada makanan sehat dan makanan tidak sehat. Aplikasi ini dibangun dengan dengan bahasa pemrograman C#, software Unity 3D dan metodologi XP. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan algoritma Astar dari kotak start ke kotak finish lebih cepat dibandingkan dengan algoritma Greedy. Oleh sebab itu, pada makanan sehat akan digunakan pencarian jalur algoritma Greedy dan makanan tidak sehat menggunakan algortima Astar. Hasil survei menunjukkan responden lebih memahami edukasi tentang cara untuk mencegahan obesitas setelah memainkan game ini.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 06:30:34

No citation recorded.