skip to main content

Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Tanaman Obat dan Herbal Madura

Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunodjoyo Madura, Jl. Raya Telang, Perumahan Telang Inda, Telang, Kec. Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69162, Indonesia

Received: 14 Nov 2024; Revised: 17 Dec 2024; Accepted: 20 Dec 2024; Published: 20 Dec 2024.
Editor(s): Salman Alfarisi
Open Access Copyright (c) 2024 The authors. Published by Department of Informatics Universitas, Diponegoro
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis game edukasi yang mengenalkan tanaman obat dan herbal Madura kepada siswa kelas X jurusan Farmasi di SMKS Yannas Husada Bangkalan. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi simplisia, herba, dan rimpang dalam mata pelajaran Farmakognosi, serta menumbuhkan minat belajar yang lebih tinggi melalui pendekatan yang interaktif dan berbasis teknologi. Pengembangan aplikasi menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil uji coba dari ahli media menunjukkan aplikasi ini mencapai tingkat pencapaian sebesar 88% dan berada pada kualifikasi sangat layak digunakan. Penilaian dari ahli materi juga menunjukkan pencapaian sebesar 88,89%, menandakan bahwa aplikasi ini valid dan sesuai untuk digunakan. Selain itu, pengujian yang dilakukan oleh siswa kelas X jurusan Farmasi SMKS Yannas Husada Bangkalan menunjukkan tingkat pencapaian sebesar 93%, yang juga mengindikasikan bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil-hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini efektif dan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Fulltext View|Download
Keywords: Farmakognosi; Game Edukasi; MDLC; Tanaman Obat dan Herba

Article Metrics:

  1. T. Noor, “rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003,” Wahana Karya Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 01, 2018
  2. D. Aprianto and A. Wahyudi, “Integrasi Manajemen Kurikulum, Pengembangan Profesional Guru, Dan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 6, no. 3, pp. 4414–4424, 2023
  3. E. Hehakaya, D. Pollatu, and J. Ambarita, “Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka,” DIDAXEI, vol. 3, no. 2, pp. 394–408, 2022
  4. A. G. Pradana, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2019, pp. 49–53
  5. S. Widoretno, D. Setyawan, and M. Mukhlison, “Efektifitas game edukasi sebagai media pembelajaran anak,” Pros. Transform. Pembelajaran Nas., vol. 1, no. 1, pp. 287–295, 2021
  6. T. W. Hilmi and H. Hasanah, “Analisis Minat Permainan Video Game sebagai Media Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 24–26, 2022
  7. D. B. Elnursa, M. Tahir, A. A. Jakfar, and R. M. Resnanda, “Sistem Klasifikasi Citra Simplisia Fructus Dalam Obat Tradisional Madura Menggunakan Transfer Learning Pada Algoritma CNN,” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 10, no. 1, pp. 68–79, 2023
  8. A. Hasyim, “Metode penelitian dan pengembangan di sekolah,” 2019
  9. M. Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” MIKROTIK J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–14, 2018
  10. M. F. Yasykur, N. M. A. Fitrah, and N. E. W. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Tanaman Obat Tradisional Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Saintekom Sains, Teknol. Komput. dan Manaj., vol. 14, no. 1, pp. 95–105, 2024
  11. H. Widarto, D. Ayuningtyas, and S. Sundari, Farmakognisi Dasar. Sukoharjo: CV. Pustaka Bengawan, 2022
  12. H. Sugiarto, “Penerapan multimedia development life cycle pada aplikasi pengenalan abjad dan angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, 2018
  13. S. Pujileksono, D. Yuliani, Susilawati, and T. Kartika, Riset Terapan Pekerjaan Sosial: SSD, PAR, dan R&D. Malang, Indonesia: Intrans Publishing, 2023

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-01-22 10:21:58

No citation recorded.