skip to main content

Sistem Pengendalian Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Unit Pengobatan Penyakit Paru-Paru (Up4) Provinsi Kalimantan Barat

*Juliyanti Pasorong  -  UP4 Kalimantan Barat, Indonesia
Antono Suryo Putro  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mateus Sakundarno Adi  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kinerja UP4 Provinsi Kalimantan Barat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sangat bergantung pada keberhasilan pihak manajemen dalam menerapkan sistem pengendalian manajemen (SPM) sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap pelaksanaan SPM di UP4 dalam mendukung upaya dan kinerja UP4 untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas terhadap masyarakat. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Informan utama dalam penelitian ini adalah pihak manajemen yang terdiri dari kepala UP4 dan para kepala bagian, sedangkan informan triangulasi pegawai pada masing-masing bagian/seksi. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik analisis sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPM dalam bentuk sistem perencanaan, sistem operasional, sistem pengukuran kinerja, sistem umpan balik, dan sistem evaluasi dan penghargaan yang diterapkan di UP4 belum berjalan secara baik. Bentuk SPM seperti perencanaan, sistem operasional, sistem umpan balik masih ada permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaannya yang mengakibatkan SPM menjadi kurang efektif. Penelitian ini menemukan bahwa aspek partisipasi dan komunikasi menjadi persoalan utama dalam pelaksanaan SPM. UP4 juga belum memiliki sistem pengukuran kinerja dan sistem evaluasi dan penghargaan yang terformalisasi secara baik. Disarankan agar pihak UP4 dapat meningkatkan partisipasi pegawai dalam aktivitas perencanaan, meningkatkan diskusi-diskusi formal maupun informal untuk menjembatani sering terjadinya kesalahan komunikasi, serta mendesain sistem pengukuran kinerja dan sistem evaluasi dan penghargaan yang baik.
Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja; Kualitas Pelayanan Kesehatan; pengobatan TBC

Article Metrics:

  1. Republik Indonesia. Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indanesia Nomor 129/Menkes/SK/II/08 tentang Standar Pelayanan Minimum Rumah sakit. Kementrian Kesehatan. Jakarta. 2008
  2. Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Jakarta. 2004
  3. Flamholtz, E. G. Effective Organizational Control: A Framework, Applications, and Implications. European Management Journal. 1996; Vol. 14; No. 6; 596-611
  4. Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP). Jakarta. 2008
  5. Bastian, Indra. Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik. Salemba Empat: Jakarta. 2013
  6. Flamholtz, E. G., Das, T. K., and Tsul, A. Toward an Integrative Framework of Organizational Control. Accounting, Organizations and Society. 1985; Vol. 8; No. 1; 35-50
  7. Unit Pengobatan Penyakit Paru-Paru. Laporan Kinerja Tahunan Pemerintah Tahun 2015. Pontianak. 2015
  8. Santosa, H. Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Binjai Kota. Universitas Sumatra Utara. 2007
  9. Andriani, S., dan Sunarto. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Magelang. Jurnal Kesehatan. 2009; Vol.2; No.1; 71-79
  10. Apriyanto, H. R, Kuntjoro, T., dan Lazuardi, L. Implementasi Kebijakan Subsidi Pelayanan Kesehatan Dasar Terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas Di Kota Singkawang. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 2013; Vol. 2; No. 4; 180-188
  11. Konli, S. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. eJounal Ilmu Pemerintahan. 2014; Vol. 2; No. 1; 1925-1936
  12. Fazrin, N. Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Segedong Kecaatan Segedong Kabupaten Mempawah. Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Negara 2015; Vol. 4; No.2
  13. Creswell, J. W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Edisi Keempat, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 2016
  14. Creswell, J. W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Edisi Ketiga, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 2015

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 15:45:47

No citation recorded.