skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN PENYALUR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN JANGKA PANJANG DENGAN PEMASOK (Studi Kasus Pada Para Penyalur PT. Merapi Utama Pharma Cabang Semarang)

*Mutia Faiz  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini menganalisis analisis faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen penyalur sebagai upaya peningkatan hubungan jangka panjang dengan peamsok. Permasalahan riset ini bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap berdasarkan latar belakang penelitian terdahulu dan kedua, bersumber dari research problems, yaitu ditemukan pada yang memberikan secara keseluruhan performasi realisasi dan target penjualan PT. Merapi Utama Pharma Cabang dari 2001-2005 cenderung tidak tercapai. Data lain menunjukan bahwa 2004-2005 terdapat penurunan jumlah komitmen kerjasama antara PT. Merapi Utama Pharma Cabang Semarang dengan penyalur. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkna komitmen penyalur dengan pemasok, sehingga hubungan jangka panjang penyalur dengan pemasok dapat mencapai target. Teknik pengambilan sampel adalah metode cluster dan metode purposive sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 120 responden, dimana responden adlah apoteker dari pihak penyalur PT. Merapi Utama Pharma CAbang Semarang. Hasil analisis data peneliatian ini menunjukkan model dan hasil pebnelitian dapat dapat diterima dengan baik. Dan selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan pengaruh kepuasan panyalulr atas layanan tenagan penjual terhadap komitmen panyalur pada pemasok adalah positive dan signifikan. Dan pengaruh kepercayaan pada peamsok terhadap komitmen penyalur pada pemasok adalah positive dan signifikan. Serta pengaruh kepuasan penyalur atas layanan tebnaga penjualan terhadap hubungan jangka panjang dengan pemasok adalah positive dan signifikan. Demikian halnya, dengan pengaruh kepercayaan pada pemasok terhadap hubungan jangka panjang dengan pemasok adalah positive dan signifikan. Kemudian pengaruh komitmen penyalur pada pemasok terhadap hubungan jangka panjang dengan pemasok adalah positive dan signifikan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan Penyalur Atas Layanan Tenaga Penjual, Kepercayaan Pada Pemasok, Komitmen Penyalur Pada Pemasok dan Hubungan Jangka Panjang dengan Pemasok

Article Metrics:

Last update: 2021-07-25 04:36:01

No citation recorded.

Last update: 2021-07-25 04:36:01

No citation recorded.