PROSES PENGEMBANGAN KOMITMEN HUBUNGAN PEMASARAN JANGKA PANJANG

*Mispan Indarjo  -  MM Undip Semarng, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Keunggulan kompetitifyang berkesinambungan dari suatu perusahaan dapat dilakukan lewat   hubungan   kerjasama jangka  panjang.   Dalam  hubungan   kerjasama   tersebut komitmen  menduduki peran  yang sangat  penting. Tulisan  ini menelaah  proses  yang mengarah   pada  pengembangan  hubungan   (pemasaran)   berdasarkan  komitmen  itu sendiri.  Penelitian  terhadap  outlet PT. Sari Ayu di Kata Semarang  menunjukkan  bahwa saling ketergantungan dan kepercayaan  merupakan faktor utama dalam proses pengembangan   komitmen  kerjasama pemasaran   jangka  panjang.   Kepercayaan   itu sendiri   dipengaruhi   oleh   reputasi,    kepuasan,    dan  komunikasi.    Kepuasan    dan komunikasi  yang  berkorelasi positip   terhadap   kepercayaan   ternyata   terbukti tidak mempengaruhi komitmen secara langsung.

Article Metrics:

Last update: 2021-02-26 20:28:48

No citation recorded.

Last update: 2021-02-26 20:28:49

  1. Validation of the grader's ability using measurement system analysis

    Gunawan I.. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 11 (15), 2016.