ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan)

Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk sebagai upaya mempengaruhi kinerja pemasaran untuk peningkatan keunggulan bersaing berkelanjutan. Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap dari Baker dan sinkula (1999), dengan han et al. (1998). Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu kurangnya inovasi produk (dari pra survei).
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk yang nantinya mempengaruhi kinerja pemasaran dan akhirnya pada terbentuknya keunggulan bersaing berkelanjutan. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan
Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang
digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden pengusaha batik berjumlah 114 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862; AGFI = 0,817; CFI = 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dapat ditingkatkan dengan meningkatkan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi lintas fungsi. Selanjutnya,
inovasi produk yang semakin
tinggi akan mempengaruhi kinerja pemasaran dan selanjutnya
meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan.
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk yang nantinya mempengaruhi kinerja pemasaran dan akhirnya pada terbentuknya keunggulan bersaing berkelanjutan. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan
Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang
digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden pengusaha batik berjumlah 114 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862; AGFI = 0,817; CFI = 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dapat ditingkatkan dengan meningkatkan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi lintas fungsi. Selanjutnya,
inovasi produk yang semakin
tinggi akan mempengaruhi kinerja pemasaran dan selanjutnya
meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan.
Keywords: orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi lintas fungsi, inovasi produk, kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang)
ANALISIS STRATEGI INTEGRASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Industri Furniture Jepara)
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN DAN WORDS OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi Kasus Pada Produk Kerupuk Ikan Lele UKM Minasari Cikaria Pati, Jawa Tengah)
ANALISIS MODEL EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI MANAJEMEN DISTRIBUTOR
KUALITAS STRATEGI PEMASARAN: SEBUAHSTUDI PENDAHULUAN
Last update: 2021-03-06 03:56:18
No citation recorded.
Last update: 2021-03-06 03:56:19
-
The effectiveness of a women's empowerment model through social entrepreneurship training to strengthen a tourism village program
Suminar T.. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5 (5), 2019.