skip to main content

PENGARUH HARGA BELi TEBU, KUALITAS LAYANAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PETANI UNTUK MENJUAL TEBU DI PABRIK GULA RENDENG KUDUS

*Muhammad Iqbal Faisol  -  MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS DIPONEGORO, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tebu merupakan sa/ah satu komoditas yang sangat penting di Indonesia.  Pabrik Gula Rendeng dikenal sebagai PG Rendeng Kudus adalah salah satu pabrik yang memproduksi tebu.  Untuk memenuhi produksi  bahan baku gula,  PG Rendeng membeli gula petani tebu panen  dengan sistem konten hasil gu/a dan harga gula  transparan.  Di sisi lain, petani dihadapkan dengan keuntungan lain seperti keuntungan harga, kualitas layanan, reputasi, dan kepercayaan dari pabrik  gula Jain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga  pembelian tebu, kualitas /ayanan dan reputasi perusahaan  untuk keputusan untuk menjual petani tebu di PG Rendeng.

 

Teknik sampling yang  digunakan  dalam  penelitian ini adalah putposlv»  sampling.  Sampel yang digunakan sebanyak  150 orang anggota Koperasi Petani Tebu Rakyat Tebu Abadi (KPTR Tebu Abadi)  Kabupaten Jepara yang  menjadi mitra PG Rendeng.  Teknik analisis data yang digunakan  adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model diterima.

 

Hasil  dan implikasi teoritis  dari penelitian ini menunjukkan bahwa  penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya tentang hubungan  antara variabel keuntungan harga, kualitas layanan, reputasi, kepercayaan  dari pabrik gula lain dan hubungan jangka panjang. Dengan  demikian, keputusan  untuk menjual dari petani tebu dipengaruhi keuntungan harga  variabel,  reputasi, dan kepercayaan pada PG Rendeng. Sementara variabel kualitas.pelayanan tidak mempengaruhi PG Rendeng.

Fulltext View|Download
Keywords: PG Rendeng, penjua/an keputusan, petani tebu, harga pembelian tebu, kualitas layanan, reputasi, kepercayaan, hubungan jangka panjang.

Article Metrics:

Last update: 2021-07-27 10:38:39

No citation recorded.

Last update: 2021-07-27 10:38:39

No citation recorded.