ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Kasus Pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan)

Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk sebagai upaya
mempengaruhi kinerja pemasaran untuk peningkatan keunggulan bersaing berkelanjutan.
Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap dari Baker
dan sinkula (1999), dengan han et al. (1998). Permasalahan kedua bersumber dari research
problem yaitu kurangnya inovasi produk (dari pra survei).
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk yang nantinya mempengaruhi kinerja
pemasaran dan akhirnya pada terbentuknya keunggulan bersaing berkelanjutan. Dalam
penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang
akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software
AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden
pengusaha batik berjumlah 114 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit
sebagai berikut, nilai chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862; AGFI = 0,817; CFI
= 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk
dapat ditingkatkan dengan meningkatkan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi
lintas fungsi. Selanjutnya, inovasi produk yang semakin tinggi akan mempengaruhi kinerja
pemasaran dan selanjutnya meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan.
mempengaruhi kinerja pemasaran untuk peningkatan keunggulan bersaing berkelanjutan.
Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap dari Baker
dan sinkula (1999), dengan han et al. (1998). Permasalahan kedua bersumber dari research
problem yaitu kurangnya inovasi produk (dari pra survei).
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk yang nantinya mempengaruhi kinerja
pemasaran dan akhirnya pada terbentuknya keunggulan bersaing berkelanjutan. Dalam
penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang
akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software
AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden
pengusaha batik berjumlah 114 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit
sebagai berikut, nilai chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862; AGFI = 0,817; CFI
= 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk
dapat ditingkatkan dengan meningkatkan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi
lintas fungsi. Selanjutnya, inovasi produk yang semakin tinggi akan mempengaruhi kinerja
pemasaran dan selanjutnya meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan.
Keywords: orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi lintas fungsi, inovasi produk, kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA TENAGA PENJUALAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN
STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang)
STUDI MENGENAI PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBENTUK KEPUASAN DAN SIKAP PELANGGAN TERHADAP MEREK, SERTA KONSEKUENSINYA PADA MINAT MEREFERENSIKAN MEREK (Studi pada Salon Lie Kuang® di Kota Semarang)
KUALITAS STRATEGI PEMASARAN: SEBUAHSTUDI PENDAHULUAN
ANALISIS PENGARUH TINGKAT KESUKSESAN PRODUK BARU DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN·. (Studi Pada Bank BRI Demak)
Last update: 2021-02-27 07:23:37
No citation recorded.
Last update: 2021-02-27 07:23:38
-
The effectiveness of a women's empowerment model through social entrepreneurship training to strengthen a tourism village program
Suminar T.. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5 (5), 2019.