ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA TENAGA PENJUALAN (Studi Empiris pada distributor PT. Cemaco Mandiri Corporation)

*Aries Rewang Martdiyu  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 Dec 2008.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian mengenai kinerja tenaga penjualan telah banyak dilakukan oleh berbagai peneliti, studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja tenaga  penjualan. Perumusan masalah dalam penelitian  ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja tenaga penjualan. Selanjutnya untuk menjawab permasalahan tersebut dikembangkan sebuah perrnodelan dan lima hipotesis telah dirumuskan dalam penelitian  ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 orang responden, dimana respondennya  adalah  para tenaga penjualan  PT. Cemaco Mandiri Corporation di Semarang. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4,01. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa semua hipotesis adalah positif dan signifikan.1. Pengaruh peran supervisi terhadap kejelasan peran tenaga penjualan, 2.Pengaruh peran rekan kerja terhadap kejelasan peran tenaga penjualan,  3.Pengaruh orientasi pembelajaran terhadap keahlian tenaga  penjualan, 4. Pengaruh kejelasan peran tenaga penjualan terhadap kinerja tenaga penjualan, 5. Pengaruh keahlian tenaga penjualan terhadap kinerja tenaga penjualan.

 

Keywords: Kejelasan Peran Tenaga Penjualan, Keahlian Tenaga Penjualan dan Kinerja Tenaga Penjualan

Article Metrics:

Last update: 2021-03-02 21:32:15

No citation recorded.

Last update: 2021-03-02 21:32:16

No citation recorded.