ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUASAN NASABAH PINJAMAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (PT.BRI (Persero) Tbk. Unit Kantor Cabang Magetan)

*MA Riza Rahmana  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 Dec 2008.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dan pengaruhnya terhadap loyalitas pada PT. Bank Rakyat  Indonesia (Persero) Tbk. unit kantor cabang  Magetan. Sampel diambil sejumlah 100 responden yang merupakan nasabah pinjaman di Bank BRI unit kantor cabang Magetan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi dengan metode uji residual.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Citra produk telah terbukti sebagai variabel mederasi antara kualitas layanan dengan kepuasan nasabah. Sedangkan varlabel kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah didaerah penelitian pada PT.  Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. unit kantor cabang Magetan. Kebijakan yang perlu dilakukan oleh manajemen PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. unit kantor cabang Magetan adalah meningkatkan kualitas layanan dan citra produk yang terkait dengan fasilitas pendukung layanan,  kemampuan dan keramahan pegawai, serta kemudahan dalam proses pinjaman. Dengan demikian diharapkan kualitas layanan dan citra produk bisa lebih optimal dalam meningkatkan kepuasan nasabah yang akan meningkatkan loyalitas nasabah. Studi ini telah menguji hipotesis bahwa kualitas layanan dan citra produk akan mempengaruhi kepuasan nasabah, sedangkan kepuasan nasabah akan mempengaruhi loyalitas nasabah.
Keywords: Kualitas Layanan, Citra Produk, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Article Metrics:

Last update: 2021-02-28 20:19:43

No citation recorded.

Last update: 2021-02-28 20:19:44

No citation recorded.