skip to main content

ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN ALIANSI STRATEGIK UNTUK KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Hubungan PT. Nusapro Dengan Konter-Konter HP Yang Menjual Pulsa Elektronik di Semarang)

*Irsandy Hendratanto  -  Wiraswastawan di Pekalongan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Research  Gap yang  terjadi  pada  penelitian  - penelitian  sebelumnya  (Mohr  and  Spekman,

1994;  monczka   et  al.,   1998)  adalah  masih  terdapat  pertanyaan   yang   belum  terjawab mengenai apa  sebenarnya  kunci  sukses    dari aliansi strategis  agar perusahaan  mampu bersaing. Penelitian Monczka  et al. (1998) mengindikasikan bahwa  beberapa variabel yang diteliti (proses pemilihan pemasoklkomoditas,  teknik pemecahan  persoalan,  komunikasi,  dan kelengkapan  aliansi) mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan  aliansi strategik meskipun kurang kuat (indikator teknik pemecahan  persoalan: pemecahan masalah bersama; indikator kelengkapan  aliansi: kepercayaan dan koordinasi). Berdasarkan masalah penelitian  tersebut maka  penelitian   ini  menjawab  faktor-faktor apa  yang  sebenarnya  menjadi  kunci sukses aliansi strategik untuk meningkatkan keunggulan  bersaing perusahaan. Penelitian ini menggunakan  data kuesioner  yang terkumpul yaitu  147 responden  dari 168 konter HP yang menjual pulsa  elektronik  PT.  Nusapro  di  Semarang.  Alat  analisis  data  yang  digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS  4.01.  Hasil analisis data menunjukkan  bahwa  model penelitian   mempunyai  kesesuaianlfit  yang  baik  dan  semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil   adalah atribut aliansi berpengaruh positip  dan  signifikan  terhadap kesuksesan   aliansi strategik,  resolusi  konflik berpengaruh   positip   dan   signifikan   terhadap   kesuksesan    aliansi   strategik,   per_ilaku komunikasi berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan  aliansi strategik,  dan kesuksesan   aliansi  strategik  berpengaruh  positip   dan   signifikan   terhadap  keunggulan bersaing  berkelanjutan.   Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  diambil  kesimpulan   bahwa diantara  ketiga  faktor yang  mempengaruhi kesuksesan   aliansi  strategik pada  kerjasama konter-konter HP  yang  menjual pulsa  elektronik PT.  Nusapro  di  Semarang yaitu:  atribut aliansi,  resolusi  konflik,   dan  perilaku  komunikasi  didapatkan  kesimpulan   bahwa   atribut aliansi  merupakan  faktor  yang  paling  dominan   pengaruhnya  pada   kesuksesan   aliansi strategik.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Aliansi Strategik, Resolusi Konflik, Perilaku Komunikasi, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-18 14:42:16

No citation recorded.