BibTex Citation Data :
@article{JSPI14034, author = {Irsandy Hendratanto}, title = {ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN ALIANSI STRATEGIK UNTUK KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Hubungan PT. Nusapro Dengan Konter-Konter HP Yang Menjual Pulsa Elektronik di Semarang)}, journal = {Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science)}, volume = {6}, number = {2}, year = {2017}, keywords = {Aliansi Strategik, Resolusi Konflik, Perilaku Komunikasi, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan}, abstract = { R esearch Gap yang terjadi pada penelitian - penelitian sebelumnya (Mohr and Spekman, 1 9 94; monczka et al . , 1 9 98 ) adalah masih terdapat pertanyaan yang belum terjawab mengenai apa sebenarnya kunci sukses dari aliansi strategis agar perusahaan mampu bersaing. Penelitian Monczka et al. (1998) mengindikasikan bahwa beberapa variabel yang diteliti (proses pemilihan pemasoklkomoditas, teknik pemecahan persoalan, komunikasi, dan kelengkapan aliansi) mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan aliansi strategik meskipun kurang kuat (indikator teknik pemecahan persoalan: pemecahan masalah bersama ; i n d i k a t o r kelengkapan aliansi : k e pe r c a y a an dan koordinasi). Berdasarkan masalah penelitian tersebut maka penelitian ini menjawab faktor-faktor apa yang sebenarnya menjadi kunci sukses aliansi strategik untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuesioner yang terkumpul yaitu 147 responden dari 168 konter HP yang menjual pulsa elektronik PT. Nusapro di Semarang. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaianlfit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah atribut aliansi berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan aliansi strategik, resolusi konflik berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan aliansi strategik , p e r_ i l a k u k o m u nikasi berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan aliansi strategik, dan kesuksesan aliansi strategik berpengaruh positip dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa diantara ketiga faktor yang mempengaruhi kesuksesan aliansi strategik pada kerjasama konter-konter HP yang menjual pulsa elektronik PT. Nusapro di Semarang yaitu: atribut aliansi, resolusi konflik , dan perilaku komunikasi didapatkan kesimpulan bahwa atribut aliansi merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya pada kesuksesan aliansi strategik. }, issn = {2580-118X}, pages = {167--182} doi = {10.14710/jspi.v6i2.167-182}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14034} }
Refworks Citation Data :
Research Gap yang terjadi pada penelitian - penelitian sebelumnya (Mohr and Spekman,
1994; monczka et al., 1998) adalah masih terdapat pertanyaan yang belum terjawab mengenai apa sebenarnya kunci sukses dari aliansi strategis agar perusahaan mampu bersaing. Penelitian Monczka et al. (1998) mengindikasikan bahwa beberapa variabel yang diteliti (proses pemilihan pemasoklkomoditas, teknik pemecahan persoalan, komunikasi, dan kelengkapan aliansi) mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan aliansi strategik meskipun kurang kuat (indikator teknik pemecahan persoalan: pemecahan masalah bersama; indikator kelengkapan aliansi: kepercayaan dan koordinasi). Berdasarkan masalah penelitian tersebut maka penelitian ini menjawab faktor-faktor apa yang sebenarnya menjadi kunci sukses aliansi strategik untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuesioner yang terkumpul yaitu 147 responden dari 168 konter HP yang menjual pulsa elektronik PT. Nusapro di Semarang. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaianlfit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah atribut aliansi berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan aliansi strategik, resolusi konflik berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan aliansi strategik, per_ilaku komunikasi berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan aliansi strategik, dan kesuksesan aliansi strategik berpengaruh positip dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa diantara ketiga faktor yang mempengaruhi kesuksesan aliansi strategik pada kerjasama konter-konter HP yang menjual pulsa elektronik PT. Nusapro di Semarang yaitu: atribut aliansi, resolusi konflik, dan perilaku komunikasi didapatkan kesimpulan bahwa atribut aliansi merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya pada kesuksesan aliansi strategik.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-25 07:23:57