ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN, CITRA ENDORSER DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KARTU AS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran)

*Andi Tri Haryono  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Published: 1 May 2013.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model teoritis mengenai kesenjangan riset pada pengaruh citra endorser, dengan menambahkan variabel intevening top of mind, terhadap minat beli konsumen. Adapun objek penelitian yang dipilih dalam studi ini adalah produ kartu seluler "Kartu As". Sedangkan studi objek penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran, Semarang.

Variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini antar lain: variabel yang pertama adalah Kredibilitas Perusahaan, dengan indicator kejujuran perusahaan dalam memberikan informasi layanan atau produk, citra perusahaan, reputasi perusahaan. Kemudian variabel yang kedua adalah Citra Endorser, dengan indicator citra modern, citra humoris, citra komunikatif, dan citra karismatik. Kemudian variabel ke tiga adalah Daya Tarik Iklan, dengan indicator daya tarik story, daya tarik visualisasi, dan daya tarik kata dalam iklan. Sedangkan variabel intervening dalam penelitian ini adalah variabel Top of Mind dengan indicator: merek lebih diingat, merek lebih cepat diucapkan, merek sering diperbincangkan, dan merek akan dipertimbangkan. Sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah Minat Beli dengan indicator mencari informasi produk, mendatangi konter atau outlet, dan bertanya kepada penjual. Penelitian ini menggunakan Structrual Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui program AMOS versi 18 sebagai alat analisis untui 231 responden. Model penelitian yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari Standardized Residual Covariance tidak ada yang  melebihi kurang lebih 2,58 dan nilai determinant of sample covariance matrix = 1,124.

Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen diuji menggunakan analisis faktor konfirmatori, kemudian uji kelayakan full model dianalisis menggunakan SEM, yang menghasilkan nilai Chi-square=131,366; probability=0,114; GFI=0,974; Cmin/DF=1,059; TLI=0.998; CFI=0.999; and RMSEA=0.027. Seluruh indeks kelayakan tersebut berada dalam rentang nilai yang diharapkan. Hasil dari temuan penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa kredibiltas perusahaan citra endorser, dan daya tarik iklan yang semakin baik mampu meningkatkan top of mind kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen.

Keywords: Kredibilitas Perusahaan, Citra Endorser, Daya Tarik Iklan, Top of Mind dan Minat Beli Konsumen

Article Metrics:

Last update: 2021-02-27 02:29:12

No citation recorded.

Last update: 2021-02-27 02:29:12

No citation recorded.