skip to main content

Systematic Literature Review: Peran Hashtag dalam Meningkatkan Visibilitas Konten Sosial Media (Studi Kasus: Instagram)

*Muhammad Alqi Fahrezi orcid  -  Department of Information Systems, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia
Abdillah Al Mushauwir  -  Department of Information Systems, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia
Wildan Nur Rahman  -  Department of Information Systems, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia
Fitroh Fitroh  -  Department of Information Systems, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Media sosial menjadi salah satu platform yang tepat bagi para digital marketer untuk meningkatkan bisnis mereka, khususnya penggunaan sosial media yang kerap berkembang dari tahun ke tahun. Terdapat berbagai cara yang dapat digunakan guna mejangkau audiens yang luas, salah satunya penggunaan hashtag. Hashtag berperan penting dalam meningkatkan visibilitas konten sosial media, khususnya Instagram. Namun, penggunaan hashtag pada Instagram hanya dibatasi sebanyak 30 hashtag saja, oleh karena itu, pemilihan hashtag harus dilakukan secara maksimal. Dalam penelitian ini ditemukan 200 jurnal terkait yang sebagian besar terindeks di Scopus dengan menggunakan bantuan aplikasi Publish or Perish 8 dengan kata kunci “Instagram Hashtag”. Peneliti juga mencoba mencari sumber lain seperti buku atau laman situs web. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hashtag memang memiliki peran penting dalam meningkatkan user-engagement dan visibilitas konten, hal ini dibuktikan dimana topik mengenai bisnis retail mengalami momentum besar karena penggunaan hashtag. Selain itu, dijelaskan juga perspektif 3L yang dapat membantu para pelaku bisnis atau digital marketer dalam menganalisis hashtag dan hal apa yang harus mereka lakukan sebelum memilih hashtag untuk digunakan pada konten yang akan mereka publikasikan.
Fulltext View|Download
Keywords: systematic literature review, Instagram hashtag, content visibility

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-07 20:13:29

No citation recorded.