skip to main content

ANALISA NILAI THRUST DAN TORQUE PROPELLER TIPE B-SERIES PADA KAPAL SELAM MIDGET 150M DENGAN VARIASI SKEW ANGLE DAN BLADE AREA RATIO (AE/AO) MENGGUNAKAN METODE CFD

*Putra Bangkit Setyabudi  -  Teknik Perkapalan, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Teknik Perkapalan, Indonesia
Good Rindo  -  Teknik Perkapalan, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2016 Kapal

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Kapal selam merupakan kapal yang mampu beroperasi dibawah air dengan mandiri, namun juga harus bergerak senyap dibawah air tanpa terdeteksi.  Maka dari itu salah satu kebutuhan paling penting dalam kapal selam adalah Baling-Baling atau Propeller. Baling-baling kapal selam membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling-baling kapal yang dapat memberikan gaya dorong yang besar dengan tingkat kebisingan yang rendah. Maka desain propeller harus memiliki nilai thrust yang besar, nilai tekanan yang rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini menganalisa baling-baling kapal selam jenis B-7 Series dengan variasi Skew Angle (27.70, 29.70 dan 31.70) dan Blade Area Ratio (0.55, 0.59 dan 0.70) dengan penambahan Kort Nozzle C Tipe Shushkin Nozzle serta dengan tiga nilai RPM yaitu, 400 RPM, 450 RPM dan 500 RPM, sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal selam midget type 150 m dengan menggunakan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD, kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu  bentuk aliran, nilai thrust dan nilai pressure yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari kesembilan variasi model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu B – 7 Series pada Model 2 (27,70 & 0,59) putaran 400 RPM dengan nilai rata-rata tekanan 66,34 Pa, dan aliran turbulen dengan kecepatan rata - rata 15,56 m/s.

Kata kunci : Kapal Selam, Propeller, Skew Angle, Blade Area Ratio (Ae/Ao), Kort Nozzle, dan CFD
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

  1. The Effect of Mewis Duct Energy Saving Device to Propeller Performance

    A Trimulyono, I P Mulyatno, A F Rachmat. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1098 (1), 2022. doi: 10.1088/1755-1315/1098/1/012076
  2. Numerical Analysis of The Effects of Propeller High Thrust Distribution on Propulsion System Performance

    Irfan Eko Sandjaja, I Made Ariana, Erwandi Erwandi, Mahendra Indiaryanto, Muryadin Muryadin, Berlian Arswendo Adietya. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, 20 (3), 2023. doi: 10.14710/kapal.v20i3.54715

Last update: 2024-03-28 21:59:08

No citation recorded.