BibTex Citation Data :
@article{Kapal1711, author = {Sukanto Jatmiko and Candra Sholeh Hermawan}, title = {KAJIAN TEKNIS DAN EKONOMIS KONSTRUKSI SINGLE DAN DOUBLE SHELL PADA 18.500 DWT DRY CARGO VESSEL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTER YANG BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA DITINJAU DARI PENGGUNAAN MATERIAL,HARGA,BIAYA PEKERJA DAN DAYA MUAT KAPAL}, journal = {Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan}, volume = {8}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {single dan double shell;teknis ekonomis;metode elemen hingga;}, abstract = { Konstruksi single dan double shell memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi teknis dan ekonomis.Dari segi teknis,kekuatan konstruksi double shell lebih baik dibandingkan konstruksi single shell.Sedangkan dari segi ekonomis, konstruksi single shell memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan konstruksi double shell . Dalam tugas akhir ini akan dijelaskan tentang analisa beban statis yang dari analisa tersebut akan diketahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur konstruksi single dan double shell berdasarkan skenario variasi kondisi keadaan kapal menggunakan metode elemen hingga.Hasil analisa menggunakan program komputer yang berbasis metode elemen hingga pada Dry Cargo Vessel 18.500 DWT menunjukkan selisih nilai faktor keamanan terendah (safety of factor) untuk stress tensor sebesar 3,08 pada konstruksi single shell dan 3,20 pada konstruksi double shell yang terjadi saat kondisi hogging.Sehingga dari segi teknis,konstruksi single shell memiliki faktor keamanan yang lebih rendah dibandingkan konstruksi double shell. Hasil perhitungan menggunakan program Microsoft Office Excel menunjukkan bahwa konstruksi double shell menggunakan material plat dan profil 1.379.249,5 kg (54,38%) lebih banyak dibandingkan konstruksi single shell atau setara dengan Rp 13.769.953.250,00.Untuk selisih biaya pekerja senilai Rp 1.613.721.915,00 dan selisih volume ruang muat kapal sebesar 476.078 m 3 }, issn = {2301-9069}, pages = {72--78} doi = {10.14710/kpl.v8i2.1711}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/1711} }
Refworks Citation Data :
Konstruksi single dan double shell memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi teknis dan ekonomis.Dari segi teknis,kekuatan konstruksi double shell lebih baik dibandingkan konstruksi single shell.Sedangkan dari segi ekonomis, konstruksi single shell memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan konstruksi double shell .
Dalam tugas akhir ini akan dijelaskan tentang analisa beban statis yang dari analisa tersebut akan diketahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur konstruksi single dan double shell berdasarkan skenario variasi kondisi keadaan kapal menggunakan metode elemen hingga.Hasil analisa menggunakan program komputer yang berbasis metode elemen hingga pada Dry Cargo Vessel 18.500 DWT menunjukkan selisih nilai faktor keamanan terendah (safety of factor) untuk stress tensor sebesar 3,08 pada konstruksi single shell dan 3,20 pada konstruksi double shell yang terjadi saat kondisi hogging.Sehingga dari segi teknis,konstruksi single shell memiliki faktor keamanan yang lebih rendah dibandingkan konstruksi double shell.
Hasil perhitungan menggunakan program Microsoft Office Excel menunjukkan bahwa konstruksi double shell menggunakan material plat dan profil 1.379.249,5 kg (54,38%) lebih banyak dibandingkan konstruksi single shell atau setara dengan Rp 13.769.953.250,00.Untuk selisih biaya pekerja senilai Rp 1.613.721.915,00 dan selisih volume ruang muat kapal sebesar 476.078 m3
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2021-01-07 17:51:07
View statistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.