skip to main content

Analisis Kekuatan Konstruksi Graving Dock Gate Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Kharis Abdullah  -  Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia
Budie Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2019 Kapal

Citation Format:
Abstract
Graving dock gate merupakan salah satu bagian konstruksi daripada graving dock yang berupa konstruksi baja. Konstruksi graving dock gate yang berhadapan langsung dengan laut harus mampu menahan beban dari air laut setiap saat. Dengan melakukan variasi pada konstruksi pintu didapatkan hasil desain yang cukup optimal dari sisi kekuatan maupun sisi building cost. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan kekuatan graving dock gate dengan menggunakan metode elemen hingga. Variasai dilakukan dengan empat jarak pembujur yaitu jarak pembujur 0.55 m, 0.60 m, 0.65 m dan 0.70 m. Dengan bantuan software metode elemen hingga didapatkan hasil nilai tegangan maksimum von Mises masih dibawah ReH 235 N/mm2 dan pintu dengan jarak pembujur 0.7 m memiliki tegangan maksimum von Mises terendah yaitu 108.58 N/mm2  serta pintu dengan jarak pembujur 0.55 m memiliki tegangan maksimum paling tinggi yaitu 155.84 N/mm2. Perhitungan building cost yang dilakukan, didapatkan pintu dengan jarak gading 0.65 m memiliki building cost yang paling rendah dan jarak gading 0.60 m memiliki building cost yang paling tinggi.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Heger, Robert. Dockmaster's Training Manual. Holliston : Heger Dry Dock Inc, 2005
  2. Royalhaskoningdhv. Dock & Lock Gates. Netherlands, 2018
  3. Oktoberty, Widiyanto, E, J, Sasono, S, Pramono and A,T, Wandono. “Dry Dock Gate Stability Modelling”. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 983, 2018
  4. Bogdaniuk, Marian and Gerocki, Zenon. “Design of Inner Gate for CRIST Shipyard Dry Dock”. Polish Maritime Research 1(72) 2012 Vol 19; pp. 52-56
  5. Budianto. “Strength Structure Analysis of Main Gate Graving Dock Using Pontoons for Condition Repairs”. Makara J. Technol. 22/2, 109-114, 2018
  6. Liu, Bin and Soares, C. Guedes, “Assessment of the strength of double-hull tanker side structures in minor ship collisions”. Engineering Structures, vol. 120, pp. 1-12, 2016
  7. Ertas, Ahmet H. Alkan, Veysel and Fatih, Ahmet. “Finite Element Simulation of a Mercantile Vessel Shipboard Under Working Conditions”. Procedia Engineering, vol. 69 pp. 1001 – 1007. 2014
  8. Logan, Daryl L. A First Course in the Finite Element Method, Fourth Edition. Kanada: Thomson, 2007
  9. Stolarski, T.A, Nakasone. Y and Yoshimoto. S, Engineering Analysis With ANSYS Software. Elsevier Butterworth-Heinemann, 2006
  10. ANSYS, ANSYS Mechanical APDL Structural Analysis Guide, ANSYS Inc, Pennsylvania, 2013
  11. Biro Klasifikasi Indonesia Volume II. Rules for Hull. 2009

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-20 11:58:51

No citation recorded.