Analisa Perubahan Panjang Model FPU Barge Terhadap Koefisien Linier dan Kuadratik Roll Damping

*Baharuddin Ali -  Laboratorium Hidrodinamika Indonesia - BPPT, Indonesia
Mahendra Indiaryanto -  Balai Teknologi Hidrodinamika - BPPT, Indonesia
Chandra Permana -  Balai Teknologi Hidrodinamika - BPPT, Indonesia
W Widodo -  Balai Teknologi Hidrodinamika - BPPT, Indonesia
Received: 1 Aug 2018; Published: 31 Oct 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 236 176
Abstract

Roll damping sangat berperan penting pada maksimum roll terutama pada daerah resonansi disekitar roll natural period. Dalam prediksi gerak roll, prediksi roll damping dilakukan dengan metode difraksi radiasi yang  menambahkan viscous roll damping dari formulasi semi empiris maupun dari uji roll decay. Pada uji roll decay akan didapatkan koefisien komponen roll damping linier dan quadratik yang selanjutnya diperlukan dalam perhitungan nilai roll damping. Nilai koefisien roll damping ini bisa diperoleh dengan melakukan fitting hasil uji roll decay dengan metode Froude maupun Bertin. Pada studi ini dilakukan analisa terhadap perubahan roll damping dan akibatnya terhadap gerak roll pada dua buah model FPU barge yang identik namun berbeda dimensi. Perubahan dimensi model benda apung akan menimbulkan perubahan pula pada karakteristik koefisien linier maupun quadtatik roll dampingnya. Dari hasil pengujian model diketahui bahwa pengurangan dimensi panjang model dengan posisi relatif titik berat dan jari-jari girasi roll tetap akan menaikan nilai koefisien roll damping 21% dari desain induknya. Kenaikan nilai koefisien roll damping didominasi oleh komponen linier. Dengan adanya kenaikan koefisien roll damping pada model yang lebih pendek menyebabkan turunnya nilai respon gerak roll melalui uji seakeeping.

Keywords
roll damping,linier komponen,quadratik komponen,roll decay

Article Metrics:

  1. Fernandes AC, and Oliveira AC (2009). "The roll damping assessment aia decay model testing (new ideas about an old subject)," Journal of Marine Science and Application, 8, pp. 144-150.
  2. Fernandes AC, and Oliveira AC (2010). "An Alternative to Model the Non Linear Roll Damping of a FPSO Hull," Journal of Marine Science and Application, 8, pp. 144-150
  3. Froude, (1861), "On the Rolling of Ships", RINA Transactions and Annual Report 1861, London, UK.
  4. Fujino, M. et al. (1993), “Examination of Roll damping Coefficients and Effective Wave Slope Coefficient for Small Passenger Crafts”, Proc. US Coast Guard Vessel Stability Symposium.
  5. Ikeda, Y., et al (1993), “Roll Damping of a Sharp Cornered Barge and Roll Control by a New Type Stabilizer”, Proc. 3th ISOPE Conf., Singapore.
  6. Ikeda, Y., B. Ali, and Yoshida, H., (2004), “A Roll Damping Prediction Method for a FPSO with Steady Drift”, Proc. 14th ISOPE Conf., Toulon, France.
  7. Lewandowski, EM., (2011), “Comparison of Some Analysis Methods for Ship Roll Decay Data”, Proc. 12th International Ship Stability Workshop, Washington DC, USA.
  8. Park I.K., Shin H. S., and Kim J. W., (2000), Effect of Roll Center Position on the Roll Damping of FPSO, Proc. of the 10th ISOPE Conference, Seattle, USA.
  9. Surendran, S, Lee, S, Reddy, J, Lee, G (2005). "Non-linear roll dynamics of a Ro-Ro ship in waves," Ocean Engineering, 32(14), 1818-1828.
  10. Yuck H.R., Lee D. H., and Choi H. S., (2003), Estimation of Roll Damping Coefficients for Non-Conventional Mid-Ship Sections, Proc. of the 13th ISOPE Conference, Honolulu, USA.