Perkiraan Umur Lelah Struktur Kapal Berbasis Keandalan dengan Metode Mean Value First Order Second Moment

*M Nurul Misbah -  , Indonesia
Dony Setyawan -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia
Ahmat Soleh -  Departemen Teknik Perkapalan, Fkultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia
Received: 16 May 2019; Published: 7 Aug 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 170 120
Abstract

Desain berbasis keandalan sering digunakan dalam perancangan struktur yang mempunyai ketidakpastian harga dari parameter, baik parameter kekuatan struktur maupun parameter beban operasional. Pendekatan desain berbasis keandalan lebih realistis dibanding dengan pendekatan faktor keamanan untuk mengakomodasi ketidakpastian tersebut. Salah satu metode untuk menghitung keandalan struktur yang efisien adalah metode Mean Value First Order Second Moment (MVFOSM). Dalam paper ini akan dibahas perkiraan umur lelah struktur kapal berbasis keandalan, khusunya pada sambungan pelat alas pada midship kapal. Dengan menyatakan keandalan sebagai fungsi waktu maka peluang aman dari struktur tersebut pada waktu tertentu dapat diketahui. Studi kasus diambil pada kapal tanker 17.500 DWT yang dioperasikan di perairan Masalembo. Akibat fabrikasi pada pelat alas kapal diasumsikan terjadi retak permukaan sedalam 0,5 mm. Dengan menggunakan metode MVFOSM didapat bahwa nilai keandalan kapal dengan nilai rentang tegangan (Ds) rata-rata sebesar 25,63 MPa dengan COV 0,416, dan tegangan rata-rata (smean)  sebesar 47,81 MPa, struktur kapal tanker dianggap cukup andal sampai tahun ke-18 dengan indeks keandalan 3,65 atau peluang aman sebesar 99,8%

Article Metrics:

  1. P. Thoft-Christensen and Y. Murotsu, 1986, Berlin: Springer-Verlag, Application of Structural System Realibility Theory.
  2. D. Rosyid and Mukhtasor, Pengantar Rekayasa Keandalan, Surabaya: ITS Press, 2002.
  3. SSC-351, An Introduction to Structural Realibility Theory, New York: Ship Structure Commitee, 1990.
  4. P. Honarmandi, "Reliability Based Structural Optimization with Fatigue Crack Initiation Constrain," Dissertation Publishing, Toronto, 2007.
  5. Z. Liu, Y. Zhang and W. Wang, "Fatigue Life Reliability Based Design Optimization for The Missile Suspension Structure," Multidiscipline Modeling in Material and Structure, vol. 8, no. 1, pp. 120-129, 2012.
  6. O. Hughes, Ship Structural Analysis Design, New Jersey: The Society of Naval Architechts and Marine Engineers, 2010.
  7. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles, New York: Jhon Wiley & Son, 1978.
  8. J. Barsom and S. Rofle, Fracture and Fatigue Control in Structure, 1987.
  9. G. Dieger, Mechanical Metallurgy, Singapore: McGraw-Hill Book Company, 1988.
  10. A. Rumiati, Konsep Peluang dan Statistika dalam Rekayasa, Surabaya: ITS Press, 1998.
  11. B. Ayyub and G. Souza, Realibility Based Methodology for Life Prediction of Ship Structures, shipstructure, 2000.