HUBUNGAN PANJANG KAPAL DAN PANJANG JARING PAYANG AMPERA TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI (PPP) TAWANG, KENDAL

*Indradi Setiyanto -  fakultas perikanan dan ilmu kelautan, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 904 1267
Abstract

Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah pendukung perikanan di Pantai utara Jawa, yang memiliki wilayah perairan potensial untuk daerah penangkapan ikan. Produksi ikan di PPP Tawang, Kendal cukup potensial dan mengalami kenaikan dari tahun 2006 sebesar 345.754 kg dan sampai tahun 2008 sebesar 470.089 kg. Sebagian besar nelayan di sekitar PPP Tawang menggunakan jaring payang ampera. Adanya variasi ukuran panjang kapal dan panjang jarring ampera yang digunakan merupakan salah satu penentu keberhasilan operasi penangkapan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara panjang kapal dan panjang jarring payang ampera terhadap hasil tangkapan ikan yang didaratkan di PPP Tawang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2009 di PPP Tawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yang bersifat studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuisioner terhadap nelayan payang ampera. Pengambilan sampel menggunakan metode stratifikasi random sampling dengan jumlah sampel 36 unit dari 70 populasi kapal payang ampera yang ada. Analisa data memenuji uji asumsi klasik, uji normalitas residual, dan regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 16.

Hasil analisa regresi berganda diperoleh nilai F-hitung 18,386 > F-tabel 2,69 dengan signifikasi 5% (α=5%) dan model Y = 0.554 + 0.427 X1 + 0.624 X2 + e. Penggunaan kedua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap hasil tangkapan ikan. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa, secara parsial variabel bebas dari panjang kapal dan panjang jaring, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil tangkapan ikan.

 

Keywords
Payang ampera, Panjang kapal, Panjang jaring

Article Metrics: