BibTex Citation Data :
@article{KIRYOKU25309, author = {Resty Putri and Yuyun Rosliyah}, title = {Analisis Distraktor Butir Soal Bunpou Shokyuu Kouhan Semester 2 Tahun 2018/2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES}, journal = {KIRYOKU}, volume = {4}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {Kata kunci: analisis, butir soal, distraktor}, abstract = { Distraktor berfungsi untuk mengecoh peserta tes untuk memilih jawaban yang benar. Karena distraktor yang memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan jawaban yang benar, dapat membuat peserta tes merasa bingung dan kesulitan ketika memilih jawaban. Berdasarkan studi pendahuluan dengan melihat beberapa contoh soal tes yang sudah pernah diujikan sebelumnya, terdapat beberapa distraktor pada butir soal tersebut tidak dipilih sama sekali oleh peserta tes. Seluruh peserta tes tersebut menjawab pilihan jawaban yang benar. Dengan demikian, distraktor pada butir soal tersebut tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pemilihan distraktor pada butir soal perlu diperhatikan agar berfungsi dengan baik. Dalam penelitian ini akan dikaji distraktor mana saja yang dipilih responden dan keefektifan distraktor butir soal Bunpo u Shokyu u Ko u han semester 2 Tahun 2018/2019 dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan butir soal Bunpo u Shokyu u Ko u han semester 2 Tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data mengadaptasi teori Nurgiyantoro (2010:192-193). Berdasarkan hasil analisis, 36 distraktor pada butir soal ulangan tengah semester Bunpo u Shokyu u Ko u han semester 2 Tahun 2018/2019 dikatakan efektif karena sesuai dengan kriteria efektivitas distraktor yang digunakan, 21 distraktor dikatakan tidak efektif dan harus direvisi atau dibuang sesuai dengan kriteria efektivitas distraktor yang digunakan. }, issn = {2581-0960}, pages = {20--28} doi = {10.14710/kiryoku.v4i1.18-25}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/25309} }
Refworks Citation Data :
Distraktor berfungsi untuk mengecoh peserta tes untuk memilih jawaban yang benar. Karena distraktor yang memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan jawaban yang benar, dapat membuat peserta tes merasa bingung dan kesulitan ketika memilih jawaban. Berdasarkan studi pendahuluan dengan melihat beberapa contoh soal tes yang sudah pernah diujikan sebelumnya, terdapat beberapa distraktor pada butir soal tersebut tidak dipilih sama sekali oleh peserta tes. Seluruh peserta tes tersebut menjawab pilihan jawaban yang benar. Dengan demikian, distraktor pada butir soal tersebut tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pemilihan distraktor pada butir soal perlu diperhatikan agar berfungsi dengan baik. Dalam penelitian ini akan dikaji distraktor mana saja yang dipilih responden dan keefektifan distraktor butir soal Bunpou Shokyuu Kouhan semester 2 Tahun 2018/2019 dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan butir soal Bunpou Shokyuu Kouhan semester 2 Tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data mengadaptasi teori Nurgiyantoro (2010:192-193). Berdasarkan hasil analisis, 36 distraktor pada butir soal ulangan tengah semester Bunpou Shokyuu Kouhan semester 2 Tahun 2018/2019 dikatakan efektif karena sesuai dengan kriteria efektivitas distraktor yang digunakan, 21 distraktor dikatakan tidak efektif dan harus direvisi atau dibuang sesuai dengan kriteria efektivitas distraktor yang digunakan.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-10-04 00:55:35
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.