BibTex Citation Data :
@article{KIRYOKU55159, author = {Nisalsa Alifiarti}, title = {Penerapan Media Pembelajaran Lingodeer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hiragana di Salah Satu SMA DKI Jakarta}, journal = {KIRYOKU}, volume = {7}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {Media pembelajaran; Lingodeer; Huruf Hiragana; Kemampuan Menulis}, abstract = { Pendidikan bahasa merupakan salah satu bidang pelajaran yang banyak diminati oleh anak-anak bangsa, khususnya bahasa Jepang. Selain memiliki keunikan tersendiri bahasa Jepang memiliki daya tarik dari kosakata dan berbagai macam ungkapan. Namun, secara praktik belajar Sebagian besar masih dilakukan secara konvensional sehingga masih banyak siswa yang kesulitan untuk belajar lebih dalam terkait kosakata bahasa Jepang. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah media lingodeer dapat membantu meningkatkan siswa dalam menulis huruf hiragana .responden sampel untuk penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPS SMA Adi Luhur Jakarta dengan pendekatan kuantitatif eksperimen dan didesain melalui penelitian One Group Pretest Posttest Design, kuesioner serta pengukuran data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengukuran data nilai pre-test sebesar 68,16 mengalami signifikansi kenaikan nilai post-test mencapai angka 82,32. Hasil pengujian pada Paired Sample t test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Oleh sebab itu, hasil pengukuran data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan media pembelajaran lingodeer terhadap peningkatkan kemampuan siswa dalam menulis hiragana. }, issn = {2581-0960}, pages = {243--251} doi = {10.14710/kiryoku.v7i1.243-251}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/55159} }
Refworks Citation Data :
Pendidikan bahasa merupakan salah satu bidang pelajaran yang banyak diminati oleh anak-anak bangsa, khususnya bahasa Jepang. Selain memiliki keunikan tersendiri bahasa Jepang memiliki daya tarik dari kosakata dan berbagai macam ungkapan. Namun, secara praktik belajar Sebagian besar masih dilakukan secara konvensional sehingga masih banyak siswa yang kesulitan untuk belajar lebih dalam terkait kosakata bahasa Jepang. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah media lingodeer dapat membantu meningkatkan siswa dalam menulis huruf hiragana .responden sampel untuk penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPS SMA Adi Luhur Jakarta dengan pendekatan kuantitatif eksperimen dan didesain melalui penelitian One Group Pretest Posttest Design, kuesioner serta pengukuran data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengukuran data nilai pre-test sebesar 68,16 mengalami signifikansi kenaikan nilai post-test mencapai angka 82,32. Hasil pengujian pada Paired Sample t test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Oleh sebab itu, hasil pengukuran data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan media pembelajaran lingodeer terhadap peningkatkan kemampuan siswa dalam menulis hiragana.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-26 03:42:16
Copyright Notice
Starting from 2017, the author(s) whose article is published in the Kiryoku journal attain the copyright for their article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. By submitting the manuscript to Kiryoku, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
Suppose the article was prepared jointly by more than one author. Each author submitting the manuscript warrants that all co-authors have given their permission to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf and notify co-authors of the terms of this policy. Kiryoku will not be held responsible for anything arising because of the writer's internal dispute. Kiryoku will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that their articles (and any additional files, including data sets and analysis/computation data) will become publicly available once published. The license of published articles (and additional data) will be governed by a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Kiryoku allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Kiryoku to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.