skip to main content

Penerapan Media Pembelajaran Lingodeer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hiragana di Salah Satu SMA DKI Jakarta

*Nisalsa Alifiarti orcid  -  Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 KIRYOKU under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Pendidikan bahasa merupakan salah satu bidang pelajaran yang banyak diminati oleh anak-anak bangsa, khususnya bahasa Jepang. Selain memiliki keunikan tersendiri bahasa Jepang memiliki daya tarik dari kosakata dan berbagai macam ungkapan. Namun, secara praktik belajar Sebagian besar masih dilakukan secara konvensional sehingga masih banyak siswa yang kesulitan untuk belajar lebih dalam terkait kosakata bahasa Jepang. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah media lingodeer dapat membantu meningkatkan siswa dalam menulis huruf hiragana .responden sampel untuk penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPS SMA Adi Luhur Jakarta dengan pendekatan kuantitatif eksperimen dan didesain melalui penelitian One Group Pretest Posttest Design, kuesioner serta pengukuran data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengukuran data nilai pre-test sebesar 68,16 mengalami signifikansi kenaikan nilai post-test mencapai angka 82,32. Hasil pengujian pada Paired Sample t test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar  0,000 < 0,05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Oleh sebab itu,  hasil pengukuran data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan media pembelajaran lingodeer terhadap peningkatkan kemampuan  siswa dalam menulis hiragana.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Penerapan Media Pembelajaran Lingodeer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hiragana di Salah Satu SMA DKI Jakarta
Subject Media pembelajaran; Lingodeer; Huruf Hiragana; Kemampuan Menulis
Type Research Instrument
  Download (21KB)    Indexing metadata
Keywords: Media pembelajaran; Lingodeer; Huruf Hiragana; Kemampuan Menulis

Article Metrics:

  1. Agustina, I., Astuti, D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/USEJ.V7I1.21355
  2. Akbar, A., Miftahul, S., Penggunaan, E., Lingodeer, A., Peningkatan, P., Kosakata, K., & Ifianti, T. (n.d.). Efektifitas penggunaan aplikasi lingodeer pada peningkatan kemampuan kosakata siswa kelas delapan smp islam malang. 386–395
  3. Alobaid, A. (2020). Smart multimedia learning of ICT: role and impact on language learners’ writing fluency— YouTube online English learning resources as an example. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00134-7
  4. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran.pdf (pp. 3–4)
  5. Azlina, R., Buhori, N., & Karnawati, R. A. (2022). JAPANEDU : The Implication of Educandy Learning Media on Students ’ Learning Outcomes in Japanese Learning. 07(01), 55–63
  6. Hermawan, D. A., & Amri, M. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning “Teman Jepang” Melalui Penggunaan Aplikasi Hello Talk Untuk Pembelajaran Menulis Bahasa Jepang. Jpbj, 8(2), 100–111
  7. Lumbangaol, R. R., & Ginting, T. B. (2022). Jurnal Widya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Lingodeer Pada Siswa Smp Kelas VII Sekolah Singosari Delitua Jurnal Widya. 3(X), 356–363
  8. Muslim, A. R., & Kochimaheni, A. A. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI “HIRAGANA BENTOU” BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA (あーん) PADA SISWA KELAS X IPS 5 SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PUSDIK SABHARA PORONG TAHUN AJARAN 2017/2018 Azizah Ramadhani Muslim. Hikari, 6(1 (201)), 5–10
  9. Renariah. (2002). Bahasa Jepang dan karakteristiknya. Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha, 1(2), 1–16
  10. Sudjianto, D. (2022). pengantar linguistik.pdf (pp. 99–104)
  11. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian.pdf. In Penerbit Ghalia Indonesia (pp. 74–75)
  12. Tarigan, H. G. (2018). Buku Menulis.Pdf (pp. 3–4)
  13. Utami, S. E. (2017). Pengembangan Aplikasi ‘ Hiragana Bentou ’ Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Huruf Hiragana ( あーん ) Siswa Kelas X Upw Smk Katolik Mater Amabilis Surabaya Tahun Ajaran 2016-2017. 1–10
  14. Widiyowati, E. (2018). KORELASI ANTARA PENGUASAAN GOI (KOSAKATA) DAN PEMAHAMAN DOKKAI (MEMBACA) MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MALANG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(6), 65–70

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-07-01 09:39:28

No citation recorded.