skip to main content

Persepsi Pemakai terhadap Layanan Repositori UPT Perpustakaan Undip

*Sri Ati Suwanto  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 4 Jun 2018.

Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana persepsi pemakai terhadap layanan repositori UPT Perpustakaan Undip. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Subyek penelitian ini adalah UPT Perpustakaan Undip dan objeknya Layanan Repositori Undip.Informan dipilih dengan menggunakan purposive sampling, sebanyak 12 orang dari 12 fakultas. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi pemakai terhadap kompetensi pengelola layanan repositori baik dengan penggunaan bahasa  yang mudah, dan cukup sederhana. Akses repositori dinyatakan cukup mudah dan cepat. Persepsi pemakai terhadap tampilan web repositori Undip dianggap masih monoton, kurang bervariasi dalam hal warna tampilan.  Ketersediaan koleksi dinyatakan  terbatas dan pembaharuan koleksi lambat. Hal ini yang  menjadi penyebab utama pemakai merasa bahwa repositori Undip belum melakukan layanannya dengan optimal serta promosi yang kurang maksimal. Persepsi pemakai terhadap kompetensi SDM dinyatakan sudah kompeten, tetapi masih dianggap belum cukup. Disamping itu SDM di masing-masing fakutas belum konsisten dalam pengembangan repositori.
Fulltext View|Download
Keywords: Persepsi Pemakai; Layanan Repositori; UPT Perpustakaan Undip

Article Metrics:

Article Info
Section: Articles
Language : ID

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.