BibTex Citation Data :
@article{Lenpust39856, author = {Mutia Rahmi and Laksmi Laksmi and Fuad Gani}, title = {Praktik Transfer Pengetahuan Tacit dalam Pembelajaran E-Learning Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {7}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {transfer pengetahuan; pengetahuan tacit; pembelajaran jarak jauh di perguruan tinggi}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik transfer pengetahuan tacit dalam pembelajaran di perguruan tinggi Stimlog Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara semi terstruktur menggunakan focus grup discussion, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan selama empat bulan. Pemilihan informan dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokan data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik transfer pengetahuan tacit yang didasarkan pada metode SECI yang meliputi sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, internalisasi, menunjukkan bahwa tahap sosialisasi dan tahap internalisasi merupakan tahap yang utama. Kedua tahap memberi pemahaman yang baik pada staff STIMLOG sehingga mereka mampu menjalankan tugasnya dalam mengawasi online menggunakan e-learning dengan lebih baik. Praktik transfer pengetahuan tacit dalam kedua tahap tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman psikomotorik. Transfer pengetahuan tacit menggunaan zoom dan wa group dengan memberikan tutorial dan pelatihan dalam menggunakan e-learning untuk mengawas ujian daring. }, issn = {2540-9638}, pages = {217--226} doi = {10.14710/lenpust.v7i2.39856}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/39856} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik transfer pengetahuan tacit dalam pembelajaran di perguruan tinggi Stimlog Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara semi terstruktur menggunakan focus grup discussion, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan selama empat bulan. Pemilihan informan dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokan data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik transfer pengetahuan tacit yang didasarkan pada metode SECI yang meliputi sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, internalisasi, menunjukkan bahwa tahap sosialisasi dan tahap internalisasi merupakan tahap yang utama. Kedua tahap memberi pemahaman yang baik pada staff STIMLOG sehingga mereka mampu menjalankan tugasnya dalam mengawasi online menggunakan e-learning dengan lebih baik. Praktik transfer pengetahuan tacit dalam kedua tahap tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman psikomotorik. Transfer pengetahuan tacit menggunaan zoom dan wa group dengan memberikan tutorial dan pelatihan dalam menggunakan e-learning untuk mengawas ujian daring.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-01-20 14:22:17
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan by Universitas Diponegoro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.