skip to main content

Persepsi Arsiparis terhadap Implementasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Dendang Hermansyah  -  Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia
*Dwi Ridho Aulianto orcid scopus publons  -  Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia
Tiara Desyanti Raharja  -  Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia
Firnalia Firnalia  -  Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia
Received: 5 Jun 2023; Revised: 12 Sep 2023; Accepted: 29 Sep 2023; Published: 30 Dec 2023.

Citation Format:
Abstract

Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan di BRIN, yaitu Pencanangan GNSTA melalui peningkatan kesadaran lembaga terhadap aspek kebijakan kearsipan, organisasi kearsipan, sumber daya kearsipan, prasarana dan sarana kearsipan, pengelolaan arsip serta pendanaan kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi arsiparis terhadap GNSTA yang telah dicanangkan oleh BRIN. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online terhadap arsiparis di lingkungan BRIN yang dilakukan pada 15 Desember 2022 s.d 11 Januari 2023. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Arsiparis memberikan persepsi positif terhadap 4 (empat) aspek yaitu tertib kebijakan kearsipan, tertib organisasi kearsipan, tertib sumber daya kearsipan, dan tertib pendanaan kearsipan. Namun, terdapat 2 (dua) aspek dengan persepsi negatif, yaitu tertib prasarana sarana kearsipan dan tertib pengelolaan arsip.

Fulltext View|Download
Keywords: brin; gnsta; kearsipan brin; sadar arsip; tertib arsip

Article Metrics:

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  2. Arsip Nasional Republik Indonesia. (2017). Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip. Jakarta: Kepala ANRI. https://jdih.anri.go.id/index.php?pages=peraturan&id_peraturan=366
  3. Atmaja, B. S., & Oktarina, N. (2017). Pengaruh Kompetensi, Sarana Prasarana, dan Tata Ruang Kearsipan di Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Batang. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 936-946. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20339
  4. Aulianto, D. R. (2022). Evaluasi Pengelolaan Arsip Dinamis pada Unit Pengolah di Sekretariat Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(1), 25-36. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i1.44715
  5. Aulianto, D. R., & Raharja, T. D. (2022). Langkah Strategis Fungsi Kearsipan BRIN Pada Masa Transisi. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(2), 155-164. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.48348
  6. Azmi. (2009). Reformasi Birokrasi dalam Perspektif Penyelenggaraan Kearsipan. Jurnal Kearsipan, 4(1), 1-34. https://anri.go.id/download/jurnal-vol.4anri122009-1571893398
  7. Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Object Oriented Programming. Transistor: Jurnal Elektro & Informatika, 2(2), 81-88. http://dx.doi.org/10.30659/ei.2.2.%25p
  9. Basri, H. (2015). Manajemen pendidikan dan pelatihan. Bandung: Pustaka
  10. Irwanto. (2002). Psikologi Umum-Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT. Prehallindo
  11. Ismail, I., & AlBahri, F. P. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(2), 337–347. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i2.152
  12. Julia, B. (2007). “The Practice of Organizational Restructuring: From Design to Reality”, dalam Journal of The European Management”. Vol.25. No.2. hlm. 81-91. London: Cash Business School. http://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/download
  13. Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275
  14. Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
  15. Masrusi, M. (2007). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif pada Subbagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang. Fokus Ekonomi, 2(1), 85-95. https://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/view/28
  16. Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik Pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215
  17. Murtiyono, G., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Pengelolaan Arsip Dinamis Dalam Mendukung Proses Pengambilan Keputusan Perencanaan Pembangunan Daerah Studi Kasus Di Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 311-320. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23237
  18. Nursetyaningsih, W. (2020). Indonesian Visual Art Archives (IVAA) Sebagai Promotor Gerakan Sadar Arsip Kesenian dan Kebudayaan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 9(1), 19-22. https://doi.org/10.24036/110892-0934
  19. Pace, R Wayne & Faules Don F. (2006). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  20. Pangestu, C. Y., & Sinabutar, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Sekretaris dan Sarana Prasarana Kearsipan Terhadap Manajemen Arsip Dinamis di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung. Jurnal Ekonomis, 13(4a), 66-82. https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/2420
  21. Presiden RI. (2021). Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional. Jakarta
  22. Puspitadewi, G. C. (2020). Sadar Arsip Dimulai dari Pengelolaan Arsip Pribadi. LibTech: Library and Information Science Journal, 1(2), 8-19. https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.11923
  23. Rahayuningsih, F. & Hastutiningrum, MM. (2019). 4 Pilar Pengelolaan Arsip Kelembagaan Menuju Tertatanya Arsip yang Baik dan Sistematis. WIPA (Wahana Infomasi Perpustakaan UAJY, 23 (1), 36-51
  24. Rakhmat, J. (2007). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
  25. Republik Indonesia. (2009). Undang- Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Jakarta: Presiden RI. https://jdih.anri.go.id/index.php?pages=peraturan&id_peraturan=919
  26. Republik Indonesia. (2019). Undang-undang No. 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta, Presiden RI
  27. Sukma, E. A., Ulya, I., Rahmawati, R., & Anjari, B. G. (2022). Bimbingan dan Penyuluhan Pentingnya Arsip Keluarga: Gerakan Masyarakat Sadar Arsip. J-Abdimas, 9(2), 174-178. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v9i2.203
  28. Yuliani, I. (2021). Evaluasi Penerapan Peraturan Kepala Arsip Nasional Nomor 7 Tahun 2017 Tentang GNSTA di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2019. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(1), 132-139. https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i1.1617
  29. Yulistiana, R., Isyanto, I., & Alfiah, N. I. (2020). Sosialisasi dan Pendampingan Sadar Arsip di lingkungan Universitas Wiraraja. Jurnal Abdiraja, 3(1), 25-29. https://doi.org/10.24929/adr.v3i1.915

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 10:09:09

No citation recorded.