skip to main content

Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Engagement Rate, Impression dan Reach

*Arja Kusuma  -  Universitas Bangka Belitung, Indonesia
Darma Darma  -  Universitas Bangka Belitung, Indonesia
Suci Rhomana Sari  -  Universitas Bangka Belitung, Indonesia
Received: 10 Oct 2022; Revised: 12 May 2023; Accepted: 2 Dec 2023; Published: 30 Dec 2023.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi di perpustakaan Universitas Bangka Belitung berdasarkan engagement rate, impression dan reach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, data yang digunakan adalah data insight dari konten instagram yang dibatasi dari bulan Juli sampai dengan September 2022. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan persamaan engagement rate yang dikemukan oleh Mackenzie Taylor dan untuk meginterpretasikan data menggunakan engagement rate value range yang dikemukan oleh Amar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas nilai engagement rate media sosial instagram sebagai media promosi berada pada level low engagement rate. Hal tersebut mengindikasikan tingkat keefektifitasan media sosial instagram sebagai media promosi masih rendah. Oleh karena itu, guna meningkatkan keefektifitasnya, dalam memposting konten yang memuat informasi penting seperti informasi tentang pengumuman, informasi tentang cara memanfaatan perpustakaan, informasi tentang jenis layanan di perpustakaan, perlu mempertimbangkan penggunaan tipe postingan reel, sedangkan untuk konten yang memuat informasi tentang dokumentasi kegiatan perpustakaan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan carousel, dan untuk konten yang memuat informasi tentang ucapan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan single image.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Perjanjian pengalihan hak cipta
Subject Perjanjian Pengalihan hak cipta
Type Other
  Download (595KB)    Indexing metadata
Keywords: instagram; promosi perpustakaan; engagement rate, impresion; reach

Article Metrics:

  1. Alfonzo, P. (2019). Chapter 4. Instagram in the Library. Library Technology Reports, 55(2), 33–42
  2. Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. In Rineka Cipta. Rineka Cipta
  3. Arman, A. A., & Sidik, A. P. (2019). Measurement of Engagement Rate in Instagram (Case Study: Instagram Indonesian Government Ministry and Institutions). Proceeding - 2019 International Conference on ICT for Smart Society: Innovation and Transformation Toward Smart Region, ICISS 2019, 1–6. https://doi.org/10.1109/ICISS48059.2019.8969826
  4. Aslam, S. (2022). Instagram by the Numbers (2022): Stats, Demographics & Fun Facts. https://www.omnicoreagency.com/instagram-statistics/
  5. Barton, T. (2018). InstaStyle Curate Your Life, Create Stunning Photos, and Elevate Your Instagram Influence. In BMC Public Health (Vol. 5, Issue 1)
  6. Dewi, P. D. R., & Darma, G. S. (2021). Menakar Efektivitas Digital Marketing Via Instagram. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 83–94
  7. Georgakopoulou, A., Iversen, S., & Stage, C. (2020). Quantified Storytelling: A Narrative Analysis of Metrics on Social Media
  8. Nasrullah, Tawwakal, & Miftahul, J. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana promosi Perpustakaan di dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba. JIPER Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(1), 1–12
  9. Ningrum, A. K. (2022). Instagram sebagai media komunikasi Perpustakaan UIN SAIZU. Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.21580/DALUANG.V2I1.2022.10044
  10. Putut, O.:, Ayu, S., Program, M., & Perpustakaan, S. I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Edulib, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/EDULIB.V10I1.20984
  11. Saputra, B., & Zulfebriges. (2022). Pengaruh Promosi Layanan Online Melalui Media Sosial Instagram terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Nasional. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 178–182. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1084
  12. Sesriyani, L., Pd, S., Pd, M., Anwar, S., Hidayati, S., Tasia, F. E., & Sholeh, B. (2021). Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Media Pembelajaran: Studi Kasus Yayasan PGRI, Pondok Petir, Jawa Barat. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–29
  13. Singgih, N., Program, M., Bisnis, M., Manajemen, S., & Ekonomi, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Agora, 7(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/9571
  14. Sterne, J. (2010). Social Media Metrics: How to Measure and Optimize Your Marketing Investment. In Media (Vol. 3, Issue 8). John Wiley dan Sons
  15. Taylor, M. (2019). Instagram Engagement: Everything You Need to Know. Socialbakers. https://www.flick.tech/learn/blog/post/instagram-engagement-rate-everything-you-need-to-know
  16. Widiastuti, T. A., & Djajalaksana, Y. M. (2022). Implementasi dan Analisis Digital Marketing pada Toko Kebutuhan Bayi dan Anak. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 119–130. https://doi.org/10.28932/jutisi.v8i1.4249

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 01:59:54

No citation recorded.