BibTex Citation Data :
@article{Lenpust49483, author = {Arja Kusuma and Darma Darma and Suci Sari}, title = {Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Engagement Rate, Impression dan Reach}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {9}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {instagram; promosi perpustakaan; engagement rate, impresion; reach}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi di perpustakaan Universitas Bangka Belitung berdasarkan engagement rate , impression dan reach . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, data yang digunakan adalah data insight dari konten instagram yang dibatasi dari bulan Juli sampai dengan September 2022. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan persamaan engagement rate yang dikemukan oleh Mackenzie Taylor dan untuk meginterpretasikan data menggunakan engagement rate value range yang dikemukan oleh Amar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas nilai engagement rate media sosial instagram sebagai media promosi berada pada level low engagement rate . Hal tersebut mengindikasikan tingkat keefektifitasan media sosial instagram sebagai media promosi masih rendah. Oleh karena itu, guna meningkatkan keefektifitasnya, dalam memposting konten yang memuat informasi penting seperti informasi tentang pengumuman, informasi tentang cara memanfaatan perpustakaan, informasi tentang jenis layanan di perpustakaan, perlu mempertimbangkan penggunaan tipe postingan reel , sedangkan untuk konten yang memuat informasi tentang dokumentasi kegiatan perpustakaan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan carousel , dan untuk konten yang memuat informasi tentang ucapan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan single image . }, issn = {2540-9638}, pages = {105--116} doi = {10.14710/lenpust.v9i2.49483}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/49483} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi di perpustakaan Universitas Bangka Belitung berdasarkan engagement rate, impression dan reach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, data yang digunakan adalah data insight dari konten instagram yang dibatasi dari bulan Juli sampai dengan September 2022. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan persamaan engagement rate yang dikemukan oleh Mackenzie Taylor dan untuk meginterpretasikan data menggunakan engagement rate value range yang dikemukan oleh Amar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas nilai engagement rate media sosial instagram sebagai media promosi berada pada level low engagement rate. Hal tersebut mengindikasikan tingkat keefektifitasan media sosial instagram sebagai media promosi masih rendah. Oleh karena itu, guna meningkatkan keefektifitasnya, dalam memposting konten yang memuat informasi penting seperti informasi tentang pengumuman, informasi tentang cara memanfaatan perpustakaan, informasi tentang jenis layanan di perpustakaan, perlu mempertimbangkan penggunaan tipe postingan reel, sedangkan untuk konten yang memuat informasi tentang dokumentasi kegiatan perpustakaan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan carousel, dan untuk konten yang memuat informasi tentang ucapan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan single image.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-26 01:59:54
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan by Universitas Diponegoro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.