skip to main content

Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Generasi Z

*Ummi Rodliyah orcid  -  UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Received: 14 Aug 2023; Revised: 6 Jun 2024; Accepted: 28 Jun 2024; Published: 31 Jul 2024.

Citation Format:
Abstract

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah mendesain dan menyelenggrakan program-program literasi informasi yang beragam. Hasil Penelitian dalam 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa UINSA masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi peningkatan kemampuan literasi informasi yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Mahasiswa UINSA yang aktif saat ini, sebagian besar adalah mereka yang tergolong dalam generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik tersendiri, seperti kedekatan khusus dengan teknologi informasi dan ketertarikan terhadap konten yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kajian literature. Populasi dari riset ini adalah pengunjung bulan juni 2023 sebanyak 640 orang, sedangkan partisipan sebesar 4% yaitu 25 mahasiswa. Partisipan diambil secara Quota Sampling yang mewakili 9 fakultas. Hasil penelitian ini merumuskan 7 strategi peningkatan program literasi mahasiswa sesuai nilai dan karakter generasi Z. Strategi itu di antaranya adalah desain program yang akomodatif sesuai dengan kebutuhan perkuliahan, sosialisasi kegiatan melalui medsos yang interaktif, pembentukan kelompok virtual, dan duta literasi.

Fulltext View|Download
Keywords: literasi informasi; generasi z; kemampuan literasi informasi; perguruan tinggi; perpustakaan perguruan tinggi; uin sunan ampel surarabaya

Article Metrics:

  1. Aryani, F., & Umar, N. F. (2020). Factors affecting z generation on selecting majors in the university: An Indonesian case. Journal of Social Studies Education Research, 11(3), 109–133
  2. Bencsik, A., Juhász, T., Horváth-Csikós, G., & Szent István University in Gödöllő. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06
  3. Chillakuri, B. (2020). Understanding Generation Z expectations for effective onboarding. Journal of Organizational Change Management, ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JOCM-02-2020-0058
  4. Danielle De Jager and Sarah Hanson. (2021). Designing a Library Exhibition Program on an International Scale for Outreach and Research. In N. Y. Frank Baudino, Carolyn Johnson, Sarah Jones Becky Meneely (Ed.), Brick & Click Libraries Conference. Northwest Missouri State University
  5. Djoko Prastyo, Fathu Rahman Rosyidi, Rohmadi, Uswatun Auliyani, & Sri Handayani. (2018). Keterampilan Literasi informasi Mahasiswa menurut standar Kompetensi Literasi Informasi Association of College & Research Liberies (ACRL). BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(1), 37–49. http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v0i0.346
  6. Eric S. Mohr, P. D., & Kathleen A. J. Mohr, E. D. (2017). Understanding Generation Z Students to Promote a Contemporary Learning Environment. https://uen.pressbooks.pub/jetevolume1issue1/chapter/8/
  7. Gilal, F. G., Gilal, N. G., Tariq, B., Gilal, R. G., Gilal, R. G., Gong, Z., & Channa, N. A. (2021). Intergenerational differences in fans’ motivation to watch the T20 world cup: A generation cohort theory perspective. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 22(2), 197–219. https://doi.org/10.1108/IJSMS-09-2019-0094
  8. Hajam, M. A. (2017). Users’ Information Literacy Competencies: A Study with Reference to Scholarly Community of Kashmir University. DESIDOC Journal of Library & Information Technology, 37(3), Article 3. https://doi.org/10.14429/djlit.37.3.9739
  9. Hamidah, A., & Fistiyanti, I. (2019). Kemampuan Literasi Informasi Generasi Milenial pada Pemustaka di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship), 2(2), Article 2
  10. Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
  11. Indonesia, B. P. S. (2020). Penduduk Indonesia Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020. Indonesia Badan Pusat Statistik
  12. Khoiriyati, W. R., Harahap, H. N., & Sinaga, R. A. (2021). The Using of the Comic Application as Learning Medium for Islamic Study in Elementary School. Khalifa: Journal of Islamic Education, 5(2), 104–104. https://doi.org/10.24036/kjie.v5i2.126
  13. Nagy, Á., & Kölcsey, A. (2017). Generation Alpha: Marketing or Science. Acta Technologica Dubnicae, 7(1), 107–115. https://doi.org/10.1515/atd-2017-0007
  14. Narendra, A. P. (2020). Model Literasi Informasi Bagi Mahasiswa Baru Di Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(1), 46–57. https://doi.org/10.24843/JIWSP.2020.v02.i01.p06
  15. Niqresh, M. (2018). Digital Library and Intellectual Issues—Issues in Copyright and Intellectual Property. International Education Studies, 12(1), 114. https://doi.org/10.5539/ies.v12n1p114
  16. Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD). (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD. https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf
  17. Owusu-ansah, C. M. (2019). INTEGRATING DIGITAL LIBRARIES INTO DISTANCE EDUCATION : A REVIEW OF MODELS , ROLES , AND STRATEGIES. Turkish Online Journal of Distance Education, 20(2), 86–104
  18. Putra, Y. S. (2017). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(2). https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142
  19. Schenarts, P. J. (2020). Now Arriving: Surgical Trainees From Generation Z. Journal of Surgical Education, 77(2), 246–253. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2019.09.004
  20. Sonal Singh, & Bajpai, M. (2021). Strategies of library management in digital era. 3V. Raj Publishing
  21. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi Revi). Alfabeta
  22. Sulaiman, S., & Suprapto, S. (2019). Kajian literasi informasi mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai dasar pengembangan layanan perpustakaan. IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship), 3(1), Article 1
  23. Sutabri. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Andi

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-20 04:10:45

No citation recorded.