BibTex Citation Data :
@article{Lenpust57381, author = {Ummi Rodliyah}, title = {Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Generasi Z}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {10}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {literasi informasi; generasi z; kemampuan literasi informasi; perguruan tinggi; perpustakaan perguruan tinggi; uin sunan ampel surarabaya}, abstract = { Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah mendesain dan menyelenggrakan program-program literasi informasi yang beragam. Hasil Penelitian dalam 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa UINSA masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi peningkatan kemampuan literasi informasi yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Mahasiswa UINSA yang aktif saat ini, sebagian besar adalah mereka yang tergolong dalam generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik tersendiri, seperti kedekatan khusus dengan teknologi informasi dan ketertarikan terhadap konten yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kajian literature. Populasi dari riset ini adalah pengunjung bulan juni 2023 sebanyak 640 orang, sedangkan partisipan sebesar 4% yaitu 25 mahasiswa. Partisipan diambil secara Quota Sampling yang mewakili 9 fakultas. Hasil penelitian ini merumuskan 7 strategi peningkatan program literasi mahasiswa sesuai nilai dan karakter generasi Z. Strategi itu di antaranya adalah desain program yang akomodatif sesuai dengan kebutuhan perkuliahan, sosialisasi kegiatan melalui medsos yang interaktif, pembentukan kelompok virtual, dan duta literasi. }, issn = {2540-9638}, pages = {77--90} doi = {10.14710/lenpust.v10i1.57381}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/57381} }
Refworks Citation Data :
Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah mendesain dan menyelenggrakan program-program literasi informasi yang beragam. Hasil Penelitian dalam 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa UINSA masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi peningkatan kemampuan literasi informasi yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Mahasiswa UINSA yang aktif saat ini, sebagian besar adalah mereka yang tergolong dalam generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik tersendiri, seperti kedekatan khusus dengan teknologi informasi dan ketertarikan terhadap konten yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kajian literature. Populasi dari riset ini adalah pengunjung bulan juni 2023 sebanyak 640 orang, sedangkan partisipan sebesar 4% yaitu 25 mahasiswa. Partisipan diambil secara Quota Sampling yang mewakili 9 fakultas. Hasil penelitian ini merumuskan 7 strategi peningkatan program literasi mahasiswa sesuai nilai dan karakter generasi Z. Strategi itu di antaranya adalah desain program yang akomodatif sesuai dengan kebutuhan perkuliahan, sosialisasi kegiatan melalui medsos yang interaktif, pembentukan kelompok virtual, dan duta literasi.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 08:58:50
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Agreement (CTA) Form can be downloaded here. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document:
Dr. Heriyanto (Editor-in-Chief)Editorial Office of Lentera PustakaLibrary Science, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp: +62-24-76480619Email: lenterapustaka@live.undip.ac.id