Aspek Teknis dan Ekonomis Metode Semen-Tanah dan Perkuatan Geotekstil sebagai Solusi Perbaikan Subgrade Ruas Jalan Smewah-Sukaraja

*Suharjanto Suharjanto  -  Jurusan Teknik Sipil , Indonesia
Teguh Widodo  -  Jurusan Teknik Sipil , Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 396 1483
Abstract

Sub grade is base soil as foundation which supports traffic load on pavement road. Hence pavement road design is obtained by condition of sub grade. The problem which occurred is sub grade has low bearing capacity (low California Bearing Ratio/CBR) and high swell-shrinkage that causing soil local collapse in the rain season. The principal methods for solving the above problems is : 1) refinement or stabilization of sub grade and 2) minimizing water influence by keep the water infiltrate into soil or build well drainage. This paper contains economic and engineering aspects from soil-cement and geotextile reinforcement as refinement sub grade solution on road section at Smewah Sukaraja, which is road to oil exploration at Sukaraja. Laboratories test indicates that sub grade soil of Smewah-Sukaraja road section has fluid limit value is 25,53% , plasticity index 15,98, CBR 0,1” 3,31% and CBR 0,2’’ = 2,65%, so it is inadequate as road sub grade. Time for soil cement refinement method and geotextile reinforcement is 120 days and 90 days.  Cost of each method is Rap. 5.270.500.000, 00, and Rp. 5.223.000.000,00.

Keywords: Sub Grade, Soil-Cement, Geotextile

ABSTRAK

Sub grade atau tanah dasar merupakan fondasi yang menopang beban perkerasan yang berasal dari kendaraan yang melewati suatu jalan, oleh karena itu perencanaan suatu perkerasan jalan sangat di tentukan oleh kondisii tanah dasar (sub grade). Permasalahan yang sering timbul adalah sub grade memiliki daya dukung tanah (California Bearing Ratio = CBR) rendah dan kembang susut yang tinggi sehingga terjadi keruntuhan lokal tanah pada musim hujan. Prinsip metode penanganan masalah tersebut di atas adalah: 1) perbaikan atau stabilisasi tanah dasar (sub grade) dan 2) meminimalkan pengaruh air dengan cara mencegah air meresap ke dalam tanah maupun drainasi yang baik. Makalah ini berisi aspek teknis dan ekonomis metode soil-semen dan perkuatan geotekstil sebagai solusi perbaikan tanah dasar ruas jalan Smewah-Sukaraja yang merupakan jalan masuk menuju lokasi pemboran minyak Sukaraja. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa tanah dasar ruas jalan Smewah-Sukaraja memiliki  nilai batas cair 35,53 %, indeks plastisitas 15,98, CBR  0,1” 3,31% dan CBR 0,2” 2,65 % sehingga tidak memenuhi persyaratan sebagai sub grade jalan. Waktu pelaksanaan perbaikan tanah metode semen dan perkuatan geotekstil adalah 120 hari, dan 90 hari. Anggaran biaya perbaikan tanah metode semen-tanah dan perkuatan  geotekstil masing-masing  adalah  Rp. 5.279.500.000;00 dan  Rp. 5.223.000.000;00.

Kata kunci :  Sub Grade, Semen Tanah, Geotekstil

Permalink: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkts/article/view/3698

[How to cite: Suharjanto dan Widodo, T. (2008), Aspek Teknis dan Ekonomis Metode Semen-Tanah dan Perkuatan Geotekstil sebagai Solusi Perbaikan Subgrade Ruas Jalan Smewah-Sukaraja, Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, Tahun 16, Nomor 3, pp. 243-254]

Keywords: Sub Grade, Semen Tanah, Geotekstil

Article Metrics: