skip to main content

SIDE EFFECTS PENGGUNAAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

*Sudirman Sudirman  -  Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Rusdianto Umar  -  Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2020 Masalah-Masalah Hukum under http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.

Citation Format:
Abstract
Idealnya semua kehidupan sekolah baik di kelas dan luar kelas dapat mendukung penanaman nilai karakter terhadap siswa. Di satu sisi pada tahun 2002, disahkan UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Undang-undang ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap anak sebagai generasi penerus bangsa. Pemberian hukuman sebagai bentuk pendidikan karakter di sekolah kerap dibenturkan dengan ketentuan pidana dalam Pasal 77 UU No. 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak, sehingga terdapat guru yang dipidanakan karena pola pendidikan karakter yang diberikan dipahami sebagai bentuk diskriminasi yang merugikan anak dari aspek moril dan materiil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dari hasil dan pembahasan diketahui bahwa sanksi pidana memiliki dampak sampingan terhadap rasa takut, rasa khawatir, rasa apatis, dan rasa trauma dalam melaksanakan pendidikan karakter.
Fulltext View|Download
Keywords: Dampak Sampingan; Sanksi Pidana; Pendidikan Karakter

Article Metrics:

  1. Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta
  2. Ariman, R., & Raghib, F. (2015). Hukum Pidana. Setara Press
  3. Budijava, I. A., & Bandrio, Y. (2010). Eksistensi Pidana Denda di Dalam Penerapannya. Jurnal Hukum, 19(19), 77–92
  4. Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis Arah Penguasaan Model Aplikasi. Rajagrafindo Persada
  5. CNNindonesia.com. (2016, June). Takut Dipidanakan, Banyak Guru Disebut Tak Nyaman Mengajar. Cnnindonesia
  6. Jateng.tribunnews.com. (2016, January). Dewan Pendidikan Pati Sebut Banyak Guru yang Trauma Akibat Kriminalisasi dari Orangtua Murid. Tribun Jateng
  7. Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan
  8. koran-jakarta.com. (2016, August). Diperlukan UU Perlindungan Guru. Tribun Timur
  9. Lee, A. Y. (2016). Defending a communicative theory of punishment: the relationship between hard treatment and amends. Oxford Journal of Legal Studies, 37(1), 217–237
  10. Lickona, T. (1991). Educating for Character, How Our School can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books
  11. Lutfi, M., Sudirman, & Pramitha, R. (2013). Sisi-sisi Lain Kebijakan Profesionalisme Guru: Optik Hukum, Implementasi, dan Rekonsepsi. Universitas Brawijaya Press
  12. Makassar.tribunnews.com. (2016, July). Biar Tak Seperti Kasus Guru Cubit Siswa di Bantaeng dan Sinjai, Ini Cara Sekolah Proteksi Gurunya - Tribun Timur
  13. Merdeka.com. (2016, July). Beredar surat perjanjian murid dilarang menuntut jika dicubit guru. merdeka.com
  14. Moeljatno. (1985). Fungsi dan tujuan hukum pidana Indonesia. PT. Bina Aksara
  15. nasional.republika.co.id. (2016, August). PB PGRI Khawatir Guru akan Makin Apatis | Republika Online
  16. regional.kompas.com. (2016, July). Sambudi, Pak Guru yang Disidang karena Mencubit Siswanya Halaman 1 - Kompas.com
  17. Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta
  18. Suheryadi, B. (2002). Kedudukan Sanksi Pidana dan Sanksi/Tindakan Administrasi dalam Sistem Pdana dan Pemidanaan di Indonesia. Tesis Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Ilmu Hukum Program Kajian Sistem Peradilan Pidana Universitas Diponegoro Semarang
  19. Taufik. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, dan Peranan Tiga Elemen. Jilid 20, Nomor 1, 59–65
  20. Williams, M. M. (2000). Models of Character Education: Perspectives and Developmental Issues. Vol. 39

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-21 14:30:47

No citation recorded.