KARAKTERISTIK HUBUNGAN HUKUM ANTARA PENGEMUDI OJEK ONLINE DAN PERUSAHAAN APLIKASI

Budi Santoso, Ratih Dheviana Puru Hitaningtyas, Sugeng Santoso Pudyo Nugroho
DOI: 10.14710/mmh.52.2.2023.174-186
Copyright (c) 2023 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik hubungan hukum antara pengemudi ojek online dan perusahaan aplikasi. Melalui pendekatan yuridis-sosiologis diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik hubungan hukum tersebut adalah: pengemudi dapat menolak atau menerima tawaran memberikan layanan kepada penumpang; pengemudi memiliki fleksibilitas waktu kerja; pengemudi bukan bagian dari organisasi perusahaan aplikasi; risiko keuangan dalam menjalankan pekerjaan menjadi beban pengemudi; dan pembayaran atas setiap layanan dari pengguna akan langsung masuk ke akun pengemudi setelah dipotong biaya penggunaan layanan aplikasi. Karakteristik yang demikian tidak menggambarkan wujudnya hubungan kerja antara pengemudi dan perusahaan aplikasi, yang oleh karenanya pengemudi tidak dapat dikualifikasikan sebagai pekerja, melainkan pekerja mandiri.

Full Text: PDF

Keywords

Platform Ride-Hailing; Pengemudi Ojek Online; Status Pekerjaan

References

Berg, J., Furrer, M., Harmon, E., Rani, U., & Silberman, M. S. (2018). Digital labour platforms and the future of work. International Labour Organization.

Berger, T., Frey, C. B., Levin, G., & Danda, S. R. (2019). Uber happy? Work and well-being in the ‘Gig Economy.’ Economic Policy, 34(99), 429–477. https://doi.org/10.1093/epolic/eiz007.

Center for Digital Society. (2021). Ride-Hailing in Indonesia and Australia Gig Economies: The Case of Go-Jek, Grab, and Uber. Center for Digital Society. https://cfds.fisipol.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1423/2021/02/59-CfDS-Case-Study-Ride-Hailing-in-Indonesia-and-Australia-Gig-Economies-The-Case-of-Go-Jek-Grab-and-Uber.

Chen, M. K., Chevalier, J. A., Rossi, P. E., & Oehlsen, E. (2019). The Value of Flexible Work: Evidence from Uber Drivers. Journal of Political Economy, 127(6), 2735–2794. https://doi.org/10.1086/702171.

CNBC Indonesia. (2022). Ojol Minta Jadi Pegawai, Banyak Negara Larang Sistem Mitra. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220831065101-37-367920/ojol-minta-jadi-pegawai-banyak-negara-larang-sistem-mitra.

Davies, P. L., & Freedland, M. R. (2003). Kahn-Freund’s Labour and the Law. In H. Collins (Ed.), Employment Law (hal. 6). Oxford University Press.

Freedland, M., & Kountouris, N. (2012). The Legal Construction of Personal Work Relations. Oxford University Press.

George Business Review Editorial Team. (2022). The Nature of Employee Relations. George Business Review Editorial Team. https://www.george-business-review.com/the-nature-of-employee-relations/.

Halilintarsyah, O. (2021). Ojek Online, Pekerja atau Mitra? Jurnal Persaingan Usaha, 2, 64–74. https://doi.org/10.55869/kppu.v2i.24.

Hall, J. V., & Krueger, A. B. (2018). An Analysis of the Labor Market for Uber’s Driver-Partners in the United States. ILR Review, 71(3), 705–732. https://doi.org/10.1177/0019793917717222.

Henao, A. (2017). Impacts of ridesourcing-lyft and uber-on transportation including VMT, mode replacement, parking, and travel behavior. University of Colorado at Denver.

ILO. (2012). Hubungan Kerja: Panduan Terperinci mengenai Rekomendasi ILO No. 198. Kantor Perburuhan Internasional.

Izzati, N. R. (2021). Eksistensi Yuridis dan Empiris Hubungan Kerja Non-Standar dalam Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 50(3), 290–303. https://doi.org/10.14710/mmh.50.3.2021.290-303.

Izzati, N. R. (2022). Ketidakseimbangan Kewajiban Para Pihak dalam Regulasi Ojek Online: Distorsi Logika Hubungan Kemitraan Ekonomi Gig. Undang: Jurnal Hukum, 5(2), 325–356. https://doi.org/10.22437/ujh.5.2.325-356.

Kemenhub. (2023). Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 218 Tahun 2023. Kementerian Perhubungan. https://jdih.dephub.go.id/peraturan/detail?data=9zElBWR6xcZJJd6KtNIqUp4knvzShrgDS8QiOV2klPL44ZAGhUAfTYk4OTdQkI8GaR4pEZAVkUu628WzydHnjgEE4vX8QSIa0QM4OYnlYvHiRZ2T1vHJpo2psGftsgMFYX7Z4Nk5aOhURGG2ysaghc5pr4.

MOVE EU. (2021). Improving ride-hailing drivers’ conditions without putting at risk jobs and innovative industries in the EU. Move EU.

Nastiti, A. D. (2017). Worker unrest and contentious labor practice of ride hailing services in Indonesia. Arryman Symposium, 1–39. https://www.edgs.northwestern.edu/documents/2017-nastiti---arryman-paper,-evanston-symposium,-may-13.pdf.

Rayle, L., Dai, D., Chan, N., Cervero, R., & Shaheen, S. (2016). Just a better taxi? A survey-based comparison of taxis, transit, and ridesourcing services in San Francisco. Transport Policy, 45, 168–178. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2015.10.004.

Santoso, B., & Hito, R. D. P. (2012). Eksistensi Asas Kebebasan Berkontrak dalam Perjanjian Kerja. Arena Hukum, 5(3), 201–209. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2012.00503.6

Shaheen, S., Cohen, A., & Zohdy, I. (2016). Shared Mobility: Current Practices and Guiding Principles.

Sonhaji, S. (2018). Aspek Hukum Layanan Ojek Online Perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Administrative Law and Governance Journal, 1(4), 371–385. https://doi.org/10.14710/alj.v1i4.371-385.

SPAI. (2023). Pembahasan Pelaksanaan Hubungan Kemitraan di Perusahaan Jasa Transportasi dan Jasa Logistik Berbasis Aplikasi.

Sühr, T., Biega, A. J., Zehlike, M., Gummadi, K. P., & Chakraborty, A. (2019). Two-Sided Fairness for Repeated Matchings in Two-Sided Markets. Proceedings of the 25th ACM SIGKDD International Conference on Knowledge Discovery & Data Mining, 3082–3092. https://doi.org/10.1145/3292500.3330793.

Swari, I. G. A. D. M., Widiati, I. A. P., & Ujianti, N. M. P. (2019). Hubungan Keperdataan Antara Pengemudi dengan Perusahaan Ojek Online. Jurnal Analogi Hukum, 1(2), 328. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/ah.1.3.2019.324-329.

Tang, C. S., Chen, X., Bai, J., So, K. C., & Wang, H. (2019). Coordinating Supply and Demand on an On-Demand Service Platform with Impatient Customers. Manufacturing & Service Operations Management, 21(3), 556–570. https://doi.org/10.1287/msom.2018.0707.

Tempo. (2022). SPAI: Status Sebagai Mitra Jadi Akar Masalah Kesejahteraan Pengemudi Ojol. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1631964/spai-status-sebagai-mitra-jadi-akar-masalah-kesejahteraan-pengemudi-ojol.

Tirachini, A., & del Río, M. (2019). Ride-hailing in Santiago de Chile: Users’ characterisation and effects on travel behaviour. Transport Policy, 82, 46–57. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2019.07.008.

Yasih, D. W. P. (2017, September 5). The boom in Indonesia’s ride-hailing services leaves drivers in uncertain employment. The Conversation [online].