PENGHENTIAN PROSES PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK AKIBAT PERMOHONAN TIDAK BERITIKAD BAIK DAN BERSUNGGUH SUNGGUH

Ahmad Ahmad, Tri Cahya Indra Permana
DOI: 10.14710/mmh.53.1.2024.1-11
Copyright (c) 2024 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0

Abstract

Sengketa keterbukaan informasi publik yang dimohonkan oleh masyarakat dapat dihentikan prosesnya apabila permohonan tidak beritikad baik dan bersungguh-sungguh (vexatious request). Namun, pada konteks ini, proses ini harus tetap sesuai dengan asas peradilan yang baik. Metode penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan undang-undang, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukan, penghentian proses penyelesaian sengketa informasi publik karena tidak sungguh-sungguh dan beritikad baik (vexatious request) belum berdasarkan asas-asas umum peradilan yang baik dan asas putusan dapat dimintakan banding. Namun, hal lain perlu juga dilakukan perbaikan dalam ketentuan hukum yang dibuat oleh komisi informasi terkait mekanisme penghentian proses penyelesaian sengketa informasi publik.


Full Text: PDF

Keywords

Sengketa Informasi Publik; Beritikad Baik; Asas Peradilan

References

Dockrell, M., & Green, D. (2019). Context is crucial: Wading through public health information. Practice Nursing, 30(9), 456–457. https://doi.org/10.12968/pnur.2019.30.9.456

Harun, T., & Jumarianto, J. (2022). Pelaksanaan Mediasi Sengketa Informasi Publik Di Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Selatan. As-Siyasah: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 69. https://doi.org/10.31602/as.v7i2.8962

Komarudin, K. (2023). Information System Development for Receiving and Handling Customer Complaints in Public Services. Devotion : Journal of Research and Community Service, 4(5), 1110–1115. https://doi.org/10.59188/devotion.v4i5.468

Kovačević, A. (2023). Institucije za ostvarivanje i zaštitu prava na informacije od javnog značaja i zaštitu podataka o ličnosti. In Uporednopravni izazovi u savremenom pravu—In memoriam dr Stefan Andonović (pp. 435–447). Institut za uporedno pravo; Pravni fakultet Univerziteta u Kragujevcu. https://doi.org/10.56461/ZR_23.SA.UPISP_AK1

Kristiyanto, E. N. (2016). Urgensi Keterbukaan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian Hukum DE JURE, 16(2), 231–244. https://doi.org/10.30641/dejure.2016.V16.231-244

Mahendrayana, I. A., Junaidi, M., Manurung, M., & Sudarmanto, K. (2024). Tanggung Jawab Komisi Informasi Dalam Pembinaan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Dalam Sengketa Informasi Publik. Journal Juridisch, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.26623/jj.v2i1.8945

Marzuki, P. M. (2017). Penelitian Hukum. Prenada Media.

Muhari, Kholil Jamalullail, & Dewi Widowati. (2023). Information Dispute Mediation Communication Model (Case Study of Information Dispute Mediation by the Information Commission of South Kalimantan Province). Jurnal Multidisiplin Madani, 3(3), 567–575. https://doi.org/10.55927/mudima.v3i3.2461

Muhshi, A. (2018). Pemenuhan Hak atas Informasi Publik sebagai Tanggung Jawab Negara dalam Mewujudkan Good Governance. Lentera Hukum, 5(1), 59–70. https://doi.org/10.19184/ejlh.v5i1.7284

Rabska, T. (2023). Nadzór nad samorządem robotniczym. Studia Prawnicze / The Legal Studies, 4, 122–147. https://doi.org/10.37232/sp.1964.4.4

Tejedo-Romero, F., & Ferraz Esteves Araujo, J. F. (2023). Critical factors influencing information disclosure in public organisations. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 315. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01814-8

Vučković, J. (2023). Slobodan Pristup Informacija Od Javnog Značaja I Medijske Usluge. Pravna Regulativa Usluga u Nacionalnim Zakonodavstvima i Pravu Evropske Unije, 529–545. https://doi.org/10.46793/XIXMajsko.529V

Weinstein, E. S., Gluckman, W. A., Dilling, S., & Paul, J. S. (2024). Public Information Management. In Ciottone’s Disaster Medicine (pp. 157–163). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-80932-0.00026-4

Wibawa, K. C. S. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 218–234. https://doi.org/10.14710/alj.v2i2.218-234

Xiao, A., Overton, H., & Li, R. (2019). Communicating With Nonprofit Publics In China: Applying the RISP Model to Prosocial Intentions. Journal of Promotion Management, 25(1), 82–107. https://doi.org/10.1080/10496491.2018.1427653

Yanti, H. (2022). Implementasi Penyelesain Sengketa Informasi Publik pada Komisi Informasi Provinsi Jambi. Wajah Hukum, 6(2), 453. https://doi.org/10.33087/wjh.v6i2.1085