skip to main content

Efektivitas Pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum Kota Bandar Lampung

1PT. Abadi Gemilang Investama Kota Jakarta Selatan DKI Jakarta, Indonesia

2Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Open Access Copyright (c) 2024 Notarius
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

ABSTRACT

Increasing Regional Original Revenue (PAD) can be achieved through the collection of Public Roadside Parking Service Fees. The roadside parking fees in Bandar Lampung City are regulated under Bandar Lampung Mayor Regulation Number 13 of 2017 concerning General Service Fees. This study aims to evaluate the effectiveness of roadside parking service fee collection and identify its inhibiting factors. A normative juridical approach was employed, utilizing secondary data supported by interviews conducted with the Regional Transportation Agency (UPT) of Bandar Lampung City. The findings indicate that the collection of roadside parking service fees is ineffective, as revenue targets set by the Bandar Lampung City Government have never been met. This issue arises from both internal and external factors.

Keywords: Effectiveness; Service Fees; Parking

ABSTRAK

Dalam meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD) yaitu dengan adaya pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum. Retribusi parkir tepi jalan umum Kota Bandar Lampung diatur dalam Peraturan Walikota Kota Bandar Lampung Nomor 13 Tahun 2017 tentang tentang Retribusi Jasa Umum. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas dari Retribusi pelayan parkir di tepi jalan umum dan mengetahui faktor penghambatnaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum normatif yuridis. Jenis data terdiri dari data sekunder yang didukung oleh hasil Wawancara yang dilakukan dengan UPT Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan kurang efektivitasnya hasil pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum, pendapatan retribusi tidak pernah mencapai target yang telah ditentukan Peemerintah Kota Bandar lampung. Hal ini di sebabkan faktor internal dan faktor eksternal.

Kata Kunci: Efektivitas; Retribusi Pelayanan; Parkir 
Fulltext View|Download
Keywords: Effectiveness; Service Fees; Parking

Article Metrics:

  1. Ahmad, W. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK Upi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, (No. 2), p198
  2. Anggara, R. (2020). Wawancara dengan Raihanzzah Anggara Selaku Petugas Tiket Parkir Simpur Center di Tanjung Karang jam 13.00 WIB. Bandar Lampung
  3. Artiva, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Realisasi Penerimaan Retribusi Parkir Kota Padang. Jurnal Akutansi UNP, Vol. 3,(No. 1), p.1-22
  4. Budiarto, S. (2016). Studi Tentang Pemungutan Retribusi Parkir dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, Vol. 3, (No. 4), p.1-7
  5. Christanti, P.L. (2022). Analisis Efektivitas dan Kontribusi Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Klaten). Surakarta Management Journal, Vol. 4, (No. 2), p.4
  6. Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. (2020). Hasil Penelitian dengan Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Bandar Lampung
  7. Mahendra, Y. (2020). Wawancara dengan Warga Teluk Betung Selatan Yudha Mahendra pada tanggal 2 februari 2020 pukul 13.00 WIB. Bandar Lampung
  8. Moningka, N. (2022). Pengukuran Efektivitas Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum di Kota Tomohon. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), Vol. 5, (No. 5), p 2
  9. Prakoso, D.E. (2014). Efektivitas Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum dalam Daerah Kota Makassar (Suatu Tinjauan Sosiologi Hukum)
  10. Puspitasari, E.R.A. (2014). Analisis Efektivitas, Efisiensi, Dan Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan PAD Kabupaten Blora Tahun 2009-2013. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 3, (No. 4), p.1-15
  11. Putra, B.F., Atmanto, D., & Nuzula, N.F. (2014). Analisis Efektivitas Penerimaan dan Kontribusi Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kota Blitar). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 10, (No. 1), p.1-9
  12. Rahmat, A. (2020). Hasil Penelitian dengan Kepala Bidang UPTD Parkir Kota Bandar Lampung. Bandar Lampung
  13. Siagian, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
  14. Siahaan, M. P. (2005). Pajak Daerah & Retribusi Daerah. Bandung: Raja Grafindo Persada
  15. Sudjana, N., & Ibrahim, M. . (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
  16. Sunggono, B. (2016). Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  17. Syifa, F. (2022). Faktor Lingkungan Internal Penghambat Utilisasi E-Commerce Pada Umkm. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 12, (No. 2), p.189
  18. Wahyuningsih, A. (2020). Optimalisasi Retribusi Pelayanan Parkir Pada Dinas Perhubungan di Kabupaten Gowa. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index,

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-01-05 16:01:52

No citation recorded.