BibTex Citation Data :
@article{Nusa32002, author = {Salsa Billa and Afnita Afnita}, title = {Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP 25 Padang}, journal = {Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra}, volume = {15}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {reading ability; reading comprehension; Indonesian language learning; objective tests; reading comprehension skills}, abstract = { This study aims to describe the ability to read comprehension in Indonesian language learning for eighth grade students of SMP Negeri 25 Padang. Students' reading comprehension ability is described through the average score at the level of understanding. The method used in this research is descriptive quantitative method by describing the object under study through data, samples, or population. The subjects in this study were students of class VIII.1 SMP Negeri 25 Padang. The sample in this study were all students of class VIII.1 SMP Negeri 25 Padang, amounting to 32 people. Data collection techniques used in this study are through objective tests, the results of these tests are then processed and analyzed. The results of this study indicate that the reading ability of students of class VIII at SMP Negeri 25 Padang is categorized very well, with an average of 92.38, because the Minimum Mastery Criteria (KKM) at SMP Negeri 25 is only 75.00. Intisari Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Kemampuan membaca pemahaman siswa dideskripsikan melalui skor rata-rata pada tingkatan pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan mendeskripsikan objek yang diteliti melalui data, sampel, atau populasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1SMP Negeri 25 Padang. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes objektif, hasil dari tes tersebut kemudian diolah dan dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dikategorikan sangat baik, dengan rata-rata 92.38, karena Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMP Negeri 25 hanya 75.00. Kata Kunci : kemampuan membaca, membaca pemahaman, pembelajaran bahasa Indonesia, tes objektif, kemampuan membaca pemahaman. }, issn = {2597-9558}, pages = {190--198} doi = {10.14710/nusa.15.2.190-198}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/32002} }
Refworks Citation Data :
This study aims to describe the ability to read comprehension in Indonesian language learning for eighth grade students of SMP Negeri 25 Padang. Students' reading comprehension ability is described through the average score at the level of understanding. The method used in this research is descriptive quantitative method by describing the object under study through data, samples, or population. The subjects in this study were students of class VIII.1 SMP Negeri 25 Padang. The sample in this study were all students of class VIII.1 SMP Negeri 25 Padang, amounting to 32 people. Data collection techniques used in this study are through objective tests, the results of these tests are then processed and analyzed. The results of this study indicate that the reading ability of students of class VIII at SMP Negeri 25 Padang is categorized very well, with an average of 92.38, because the Minimum Mastery Criteria (KKM) at SMP Negeri 25 is only 75.00.
Intisari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Kemampuan membaca pemahaman siswa dideskripsikan melalui skor rata-rata pada tingkatan pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan mendeskripsikan objek yang diteliti melalui data, sampel, atau populasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1SMP Negeri 25 Padang. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes objektif, hasil dari tes tersebut kemudian diolah dan dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dikategorikan sangat baik, dengan rata-rata 92.38, karena Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMP Negeri 25 hanya 75.00.
Kata Kunci : kemampuan membaca, membaca pemahaman, pembelajaran bahasa Indonesia, tes objektif, kemampuan membaca pemahaman.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-21 20:46:49
Nusa oleh http://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. View statistics