BibTex Citation Data :
@article{pwk17336, author = {Eko Purwanto and Okto Manullang}, title = {Evaluasi Trotoar Sebagai Feeder Non Motorized untuk Mendukung Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Semarang}, journal = {Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota}, volume = {14}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {BRT; Kualitas Trotoar; Pejalan Kaki; Keamanan dan Kenyamanan}, abstract = {Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor I merupakan salah satu moda transportasi umum yang ada di Bagian Wilayah Kota (BWK) I Kota Semarang. Keberadaan BRT Trans Semarang belum didukung penyediaan trotoar sebagai prasarana berjalan kaki (non motorized transportation) yang aman dan nyaman di sepanjang koridor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas trotoar di BWK I sebagai feeder untuk mendukung BRT Trans Semarang Koridor I di BWK I. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang dilakukan adalah analisis karakteristik pejalan kaki berdasarkan masksud pergerakan dan moda yang digunakan, analisis kondisi trotoar berdasarkan preferensi pejalan kaki dengan Importance Performance Analysis (IPA), serta analisis kualitas trotoar dengan pendekatan Pedestrian Environmental Quality Index (PEQI). Hasil penelitian menunjukkan kondisi trotoar di BWK I belum seluruhnya optimal dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pejalan kaki. Lampu penerangan dan pagar pengaman merupakan variabel yang sangat penting dan menjadi prioritas utama untuk meningkatkan keamanan, sedangkan keberadaan pelindung cuaca, keberadaan tempat duduk dan kemiringan (ramp) permukaan merupakan variabel kenyamanan yang sangat penting dan menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kenyamanan. Kualitas trotoar di Zona 2 sebagai pusat kota dan Central Business District (CBD) cenderung lebih baik dibandingkan Zona 1 dan Zona 3 yang merupakan wilayah penyangganya. Selain itu penyediaan trotoar masih memprioritaskan pada jalan-jalan utama koridor BRT, dimana trotoar yang ada memiliki kualitas basis (dasar) dan dapat diterima pejalan kaki.}, issn = {2597-9272}, pages = {17--27} doi = {10.14710/pwk.v14i1.17336}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pwk/article/view/17336} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Unlocking mobility: a sustainable approach to Semarang’s intermodal transport
Can Building Density Influence the Amount of BRT Trans Semarang Ridership?
The Built Environment and its Impact on Transit based Transportation Users Walking Activity in Semarang, Indonesia
Analysis of Feeder Needs to Support the Implementation of LRT in Palembang
Last update: 2024-11-22 16:45:13
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota (JPWK journal) and Department of Urban and Regional Planning, Universitas Diponegoro as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JPWK journal and Department of Urban and Regional Planning, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JPWK journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JPWK_statistic
Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang, Indonesia 50275
Telp. (024) 7640054