skip to main content

Pengaruh Biaya Perjalanan Terhadap Perubahan Pilihan Moda Transportasi: Studi Kasus Pekerja Komuter Jabodetabek

*Febriska Fitria Mafliyanti orcid  -  Universitas Indonesia, Indonesia
Muhammad Halley Yudhistira  -  Universitas Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Jabodetabek merupakan kawasan metropolitan yang memiliki jenis moda transportasi umum yang beragam. Akan tetapi, sebagian besar pekerja komuternya masih menggunakan moda transportasi pribadi untuk melakukan mobilisasi. Untuk mendorong pekerja komuter tersebut agar beralih ke moda transportasi umum, maka dilakukan penelitian tentang pengaruh dari variabel biaya terhadap keinginan beralih ke moda transportasi umum pada pekerja komuter yang menggunakan transportasi pribadi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh dari biaya perjalanan terhadap keinginan pekerja komuter Jabodetabek pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke moda transportasi umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi logistik biner dengan nilai y=0 untuk pekerja komuter yang tidak ingin beralih dan y=1 untuk pekerja komuter yang ingin beralih ke moda transportasi umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa biaya perjalanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan beralih ke moda transportasi umum. Hasil dari penelitian ini yaitu semakin tinggi biaya perjalanan maka semakin tinggi pula probabilitas beralih ke moda transportasi umum. Kebijakan yang dapat diterapkan yaitu dengan menaikkan biaya perjalanan dalam menggunakan kendaraan pribadi setidaknya 43% dari rata-rata biaya perjalanan per hari. Salah satu kebijakan yang dapat diambil yaitu dengan menaikkan biaya parkir kendaraan pribadi sedikitnya bertambah Rp3.000 dari biaya parkir awal.
Fulltext View|Download
Keywords: Biaya Perjalanan, Moda Transportasi, Pekerja Komuter

Article Metrics:

  1. Azami, T., Nakagawa, K., Taniguchi, A. (2021). Effect of Low-Cost Policy to Promote Public Transport Use: A case study of Oyama, Japan. Sustainability, 13, 6160
  2. Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Komuter Jabodetabek: Hasil Survei Komuter Jabodetabek 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik
  3. Bai, T., Li, X., Sun, Z. (2016) Effect of Cost Adjustment on Travel Mode Choice: Analysis and Comparison of Different Logit Models. World Conference on Transport Research, 2649-2659
  4. Buehler, R. (2011). Determinants of Mode Choice: A comparison of Germany and the USA. Journal of Transport Geography, 644-657
  5. Chen, J., & Li, S. (2017). Mode Choice Model for Public Transport With Categorized Latent Variable. Mathematical Problems in Engineering, 1-11
  6. Chotib. (2019). Spatial Distance and Mode of Transportation Choices in Jabodetabek Metropolitan Area: A Sakernas 2017 Micro-Data Analysis on Commuting Pattern of Workers. International Conference on Sustainable Design, Engineering, Management, and Science (ICSDEMS). Kuala Lumpur, Malaysia: IOP Publishing Ltd
  7. Chuen, O.C., Karim, M.R., Yussouf, S. (2014). Mode Choice between Private and Public Transport in Klang Valley, Malaysia. The Scientific World Journal, 1-14
  8. Ding, L., Yang, X. (2020). The Response of Urban Travel Mode Choice to Parking Fees Considering Travel Time Variability. Advances in Civil Engineering, doi: https://doi.org/10.1155/2020/8969202
  9. Irajayanti, A.D., Sari, D.W., & Rosida, I. (2021). Perilaku Pemilihan Moda Transportasi Pekerja Komuter: Studi Kasus Jabodetabek. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 125-147
  10. Kementerian Perhubungan. (2018). Laporan Kinerja Kementerian Perhubungan 2017. Jakarta: Kementerian Perhubungan
  11. Litman, T. (29 November 1999). Transportation Cost Analysis for Sustainability. Diambil kembali dari Victoria Transport Policy Institute: https://vtpi.org/sustain.pdf
  12. Liu, Y., Chen, J., Wu, W., Ye, J. (2019). Typical Combined Travel Mode Choice Utility Model in Multinomial Transportation Network. Sustainability, 11, 549, 1-15
  13. Nurden, A., Rahmat, R. A., & Ismail, A. (2017). Effect of Transportation Policies on Modal Shift from Private Car to Public Transport in Malaysia. Journal of Applied Science, 1004-1018
  14. Raijaya, I. K. (2020). Jarak Tempuh Perjalanan dan Pemilihan Moda Transportasi: Kajian Wilayah Metropolitan Sarbagita. Jakarta: Universitas Indonesia
  15. Setkab RI. (16 April 2020). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur. Diambil kembali dari Jaringan Informasi dan Dokumen Hukum Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176105/Perpres_60_Tahun_2020.pdf
  16. Susantono, B., Santosa, W., & Budiyono, A. (2011). Kepemilikan Kendaraan dan Pola Perjalanan di Wilayah Jabodetabek. Jurnal Transportasi, 11(3), 153-162
  17. Stevenson, M. R. (2006). Mode Choice Model for Vulnerable Motorcyclist in Malaysia. Traffic Injury Prevention, 1-5
  18. Tomtom. (2021). Jakarta Traffic. Diambil kembali dari Tomtom: https://www.tomtom.com/en_gb/traffic-index/jakarta-traffic/
  19. Widiarta, I. B. (2010). Analisis Pemilihan Moda Transportasi untuk Perjalanan Kerja: Studi Kasus Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 14(2), 218-225
  20. Witchayaphong, P., Pravinvongvuth, S., Kanitpong, K., Sano, K., & Horpibulsuk, S. (2020). Influencial Factors Affecting Travelers' Mode Choice Behavior on Mass Transit in Bangkok, Thailand. Sustainability, 12, 1-18
  21. Yang, J., et al. (2013). The Effect of Owning a Car on Travel Behavior: Evidence from the Beijing License Plate Lottery. Washington DC: Resources for the future

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-30 19:41:30

No citation recorded.