skip to main content

Kawasan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas Terhadap Perubahan Harga Lahan di DKI Jakarta Berdasarkan Pendekatan Keruangan

*Febrika Romauli Br Hutabarat  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Tiara Nur Savitri  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Tri Asmara Ningmas  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Raul Nurdiawan  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Sulthon Muhammad Al-Fatih  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Deva Fosterharoldas Swasto  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penggunaan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum di Provinsi DKI Jakarta dapat menimbulkan kemacetan. Transit Oriented Development (TOD) hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kehadiran TOD mampu memberikan efek pergeseran harga lahan dan bangunan di sekitarnya khususnya Kawasan Dukuh Atas yang telah ditetapkan sebagai pusat TOD skala regional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep TOD di Kawasan TOD Dukuh Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan metode Cost Benefit Analysis (CBA) dan Geographic Information System (GIS). Data utama yang digunakan adalah data Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai variabel harga lahannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan harga lahan dan bangunan secara akumulatif dari tahun 2018 hingga tahun 2023 di sekitar Kawasan TOD Dukuh Atas. Meskipun terjadi peningkatan harga lahan dan bangunan rata-rata sebesar 50,94%, dampak berupa manfaat yang didapatkan cukup tinggi dibandingkan dengan biaya penanganan yang dikeluarkan atas dampak negatif dari pembangunan TOD. Selain itu, berdasarkan proximity atau tingkat kedekatan didapatkan hasil bahwa semakin jauh objek dengan Kawasan TOD, maka semakin rendah manfaat yang diperoleh. Penelitian ini tidak hanya menganalisis dampak yang ditimbulkan dari adanya kawasan TOD Dukuh Atas, melainkan juga menganalisis aspek kebermanfaatan yang dihasilkan oleh Kawasan TOD Dukuh Atas. 

Fulltext View|Download
Keywords: TOD, Dukuh Atas, Keruangan

Article Metrics:

  1. Agnihotri, V., & Paul, S. K. (2024). Housing Market Shifts Favouring Transit-Oriented Development in Emerging Economies: the Link Between Metro Rails and Housing Price Dynamics in Delhi. International Journal of Housing Markets and Analysis, 17(1), 8–31
  2. Ahdiat, A. (2022). 10 Provinsi Terpadat di Indonesia, Jakarta Juara. Diakses pada tanggal 16 Februari 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/06/10-provinsi-terpadat-di-indonesia-jakarta-juara
  3. Akly, F., Budiman, A., & Huda, N. (2020). Pendekatan Faktor Makro dan Faktor Mikro yang Dipertimbangkan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan (Studi Pada Industri Perumahan di Banjarmasin). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 8(3), 165–178
  4. Ayuningtias, S. H., & Karmilah, M. (2019). Penerapan Transit Oriented Development (TOD) Sebagai Upaya Mewujudkan Transportasi yang Berkelanjutan. Pondasi, 24(1), 45–66
  5. Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Penumpang Kereta Api (Ribu Orang). Diakses tanggal 16 Februari 2023, dari https://www.bps.go.id/indicator/17/72/2/jumlah-penumpang-keretaapi.html
  6. Creswell, J.W. and Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage, Los Angeles
  7. Feridianti, A. A. (2019). Pengembangan Bangunan Fungsi Campuran di Kawasan lempuyangan dengan Pendekatan TOD (Transit Oriented Development). Undergraduate Thesis
  8. Haryono, Darunanto, D., & Wahyuni, E. (2018). Persepsi Masyarakat Tentang Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta. Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik, 05(03), 277–285. DOI: http://dx.doi.org/10.54324/j.mtl.v5i3.278
  9. ITDP (Insitute for Transportation and Development Policy). (2017). TOD Standard 3.0 ITDP. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24
  10. Juliana, A., Senopati, A. A., & Diana, L. (2021). Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) di Kawasan Plaza Indonesia, Jakarta. Architecture Innovation, 5(1), 1–24
  11. Knox, P. L. (1982). Urban Social Geography: An Introduction. Longman. https://books.google.co.id/books?id=A0MFAQAAIAAJ
  12. Mahendra Aulya, D., & Winarso, H. (n.d.). Dinamika Harga Lahan Zona Nilai Tanah Kawasan TOD Dukuh Atas Dan Kawasan TOD Harmoni. Diakses dari https://www.academia.edu/37469513/Dinamika_Harga_Lahan_Zona_Nilai_Tanah_Kawasan_TOD_Dukuh_Atas_Dan_Kawasan_TOD_Harmoni
  13. Maudina, A. N., Agustin, I. W., & Waluyo, B. S. (2021). Karakteristik kawasan Dukuh Atas Sebagai Kawasan TOD. Tata Kota dan Daerah, 13(2), 59–72
  14. Mukhamedjanov, A., Kidokoro, T., Seta, F., & Yang, Y. (2021). Reshaping the Concept OF Transit-Oriented Development in Response to Public Space Overheating Near the Transit Nodes of Tokyo. Cities, 116, 103240
  15. Nazwar, H. A. (2021). Transit Oriented Development: Insentif Terhadap Nilai Properti. Jurnal Manajemen Aset dan Penilaian, 1(2), 30-39
  16. Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. (2020). Peraturan Gubernur Nomor 107 Tahun 2020 Tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Dukuh Atas. Jakarta, DKI
  17. Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. (2021). Peraturan Gubernur Nomor 50 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 67 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Kawasan Berorientasi Transit. Jakarta, DKI
  18. Prayoga, I. N. T. (2013). Keberlangsungan Menetap Penduduk Asli Pada Kawasan di Sekitar Kampus UNDIP Tembalang Sebagai Permukiman Kota Semarang yang Tergentrifikasi. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.14710/pwk.v9i1.6499
  19. Ridwan, R., & Kardiat, Y. (2020). Pembangunan Ekonomi Wilayah di Kota Makassar (Studi Kasus di Kecamatan Ujung Pandang). Jurnal Pallangga Praja (JPP), 2(2), 193–208
  20. Siagian, C. T., & Widjajanti, R. (2020). Hubungan Karakteristik Perjalanan dan Sosial Ekonomi Mahasiswa Terhadap Perilaku Perjalanan Pengguna Sepeda Motor untuk Tujuan Belajar dan Belanja. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 9(1), 20–32
  21. Siburian, P., Sulistyorini, R., & Herianto, D. (2021). Analisis Nilai Waktu Kendaraan Pribadi (Mobil dan Motor) Di Kota Bandar Lampung Dengan Metode Regresi Linear (Studi Kasus: Jalan Kartini). Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, 9(1), 25-40.
  22. Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., Ilhami, A., & others. (2020). Mixed Methods Research: Trends and Issues in Research Methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63–73

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-02-21 05:19:35

No citation recorded.