skip to main content

Pengaruh Inovasi Gerakan Kembali Bersekolah terhadap Pembangunan Manusia Kabupaten Brebes

*Mustovia Azahro orcid  -  Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes, Indonesia
Muhammad Siwi Nugraha  -  Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pendidikan merupakan aspek krusial dalam pembangunan daerah. Pendidikan juga menjadi salah satu sarana bagi masyarakat untuk mengasah potensi, mengembangkan keterampilan, dan meningkatkan daya saing. Pentingnya pendidikan dalam pembangunan tercermin dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dimana pendidikan menjadi salah satu komponen pengukuran selain aspek kesehatan dan standar hidup layak. Dalam 1 dekade terakhir, nilai IPM Kabupaten Brebes terutama dalam komponen pendidikan merupakan salah satu yang terendah di Jawa Tengah. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan capaian nilai IPM, Pemerintah Kabupaten Brebes menerapkan inovasi Gerakan Kembali Bersekolah (GKB). Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh inovasi GKB terhadap IPM yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi keberhasailan pembangunan daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi GKB berpengaruh terhadap peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) secara langsung dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan IPM. Hal ini mengindikasikan bahwa intervensi kebijakan melalui inovasi GKB baru akan berdampak terhadap IPM ketika pemerintah dan stakeholder lainnya mampu mengawal Anak Tidak Sekolah (ATS) menuntaskan jenjang pendidikan SMP dan SMA dan mengupayakan tidak ada kasus ATS baru. Dalam kondisi ini, GKB akan berkontribusi terhadap peningkatan harapan lama sekolah dan rata-rata Lama Sekolah yang merupakan indikator penyusun IPM.
Fulltext View|Download
Keywords: Inovasi Daerah, Gerakan Kembali Bersekolah, Angka Partisipasi Kasar, Indeks Pembangunan Manusia

Article Metrics:

  1. Aditya. (2020, Maret 6). Demi Tingkatkan Pelayanan, Edi Sukmoro Resmikan Penataan Stasiun Brebes. Dipetik Juni 19, 2023, dari Headline: https://www.headline.co.id/5161/demi-tingkatkan-pelayanan-edi-sukmoro-resmikan-penataan-stasiun-brebes/
  2. Baperlitbangda Brebes. (2019). Strategi dan Kebijakan Penanganan Anak tidak Sekolah di Kabupaten Brebes melalui Gerakan Kembali bersekolah
  3. BPS Provinsi Jawa Tengah. (2021). Berita Resmi Statistik. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Tengah 2021, hal. 1-12
  4. BPS Kabupaten Brebes. (2023). Kabupaten Brebes dalam Angka 2023. Brebes: BPS Kabupaten Brebes
  5. Dindikpora Brebes. (2023). Realisasi GKB 2017-2022
  6. G News. (2020). 50 ATS di Brebes Mendapatkan Bantuan Tablet Android untuk Bantu Belajar. Brebes, Jawa Tengah, Indonesia
  7. Hair, J., Hult, G. T., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R : A Workbook. Switzerland: Springer. doi: https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
  8. Hakim, L., & Izzatusholekha. (2023). Pemenuhan Hak Anak di Kabupaten Brebes melalui Gerakan Kembali Bersekolah. POPULER: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 167-180. doi: 10.58192/populer.v2i1.606
  9. Hanifah, M. (2019). Analisis Pengaruh Angka Partisipasi Sekolah, Pertumbuhan Ekonomi, Rasio Gini dan Penghimpunan Dana ZIS terhadap IPM di Indonesia Tahun 2012-2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Agama Islam. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
  10. Harjunadhi, J. T., & Rahmawati, F. (2020). Pengaruh Belanja Pendidikan, Belanja Kesehatan dan UMP terhadap IPM di Indonesia tahun 2014-2018. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen, 16(2), 241-249. doi: 10.30872/jinv.v16i2.7272
  11. Kadam, A., & Setiadi, R. (2020). Pengaruh Kebijakan Otonomi Khusus Papua terhadap Pembangunan Prasarana Pendidikan dan Kesehatan di Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 17(2), 183-191. doi: 10.14710/pwk.v17i2.33350
  12. Karim, M. A., Utomo, G. J., & Fauziah, B. (2019). Kualitas Hidup dan Pertumbuhan Ekonomi, Studi Kasus DKI Jakarta dan Daerah Penyangganya. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 15(3), 227-247. doi: 10.14710/pwk.v15i3.22287
  13. Khaerunissa, Z., & Nurwulan, R. L. (2023). Dampak Pelaksanaan Sosialisasi terhadap Partisipasi Bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS) melalui Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial " Humanitas" FSIP UNPAS, IV(I)
  14. Kudus, S. (2011). Inisiatif Global Studi Anak Tidak Sekolah: Studi di Indonesia. Riset Kebijakan Pendidikan Anakdi Indonesia. Tangerang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  15. Liam, T., & Marpaung, J. (2019). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah. Cahaya Pendidikan , 5(3), 13-24
  16. Maghfirah, D. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah tingkat SMA/SMK Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(3), 215-222
  17. Marista, B. D. (2021). Implementasi Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di Kabupaten Brebes (Studi Kasus di Kecamatan Bantarkawung). Universitas Jenderal Soedirman, Administrasi Publik FISIP. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman
  18. Mujiati, Nasir, & Ashari, A. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah. DIDAKTIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 271-281. doi: 10.30651/didaktis.v18i3.1870
  19. Murthi, M. (2023, Juni 16). Quality education requires greater and more efficient financing. Dipetik Juni 20, 2023, dari World Bank Blogs: https://blogs.worldbank.org/education/quality-education-requires-greater-and-more-efficient-financing
  20. Mustikohendro, L. M., Idris, E., & Pratiwi, F. A. (2019). Pendekatan IPM dengan APK-APM Satuan Pendidikan SD/MI Sederajat (I ed.). (L. M. Mustikohendro, Penyunt.) Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  21. Neuman, W. (2015). Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7 ed.). (T. Sofia, Penerj.) Jakarta: PT. Indeks
  22. Pambudi, A. S. (2020, June). Analysis of the Relationship between Human Development Index toward Environmental Quality Index in South Sulawesi . Jurnal Inovasi Aparatur, 2(1), 109-123. doi: 10.54849/monas.v2i1.14
  23. Sholiha, E. N. (2015). Structural Equation Modeling : Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan di Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur). Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Program Studi S1 Statistika FMIPA. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  24. Suharjono, G., R.M, N. B., & Nadiasa, M. (2014). ANALISIS FAKTOR KINERJA PENGELOLAAAN AIR BERSIH PERDESAAN DI KABUPATEN BULELENG. Jurnal Spektran, 28-35
  25. UNDP. (2022). The 2021/2022 Human Development Report. New York: UNDP. Dipetik Juni 20, 2023, dari https://hdr.undp.org/content/human-development-report-2021-22
  26. UNDP. (2023). Announcement: The 2023 HDR will explore how to enhance collective action in addressing global challenges in our interconnected and often polarized world. Dipetik Juni 20, 2023, dari Human Development Reports: https://hdr.undp.org/content/announcement-2023-hdr-will-explore-how-enhance-collective-action-addressing-global
  27. Wibowo, G. A. (2017). Evaluasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa untuk Pembangunan Sarana Prasraana Desa (Desa Wonoasri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 13(3), 313-325. doi: 10.14710/mkmi.%v.%i.1-19
  28. World Bank. (2020). Janji Pendidikan di Indonesia. Washington DC: World Bank
  29. World Bank. (2023). Education : Overview. Dipetik Juni 13, 2023, dari The World Bank: https://www.worldbank.org/en/topic/education/overview

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-04-11 06:16:07

No citation recorded.