skip to main content

KERAGAMAN BENTUK KAPAL PENANGKAP IKAN YANG BERBASIS DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG (The Diversity of Fishing Vessels Shape in Brondong Fisheries Port Area)

Pringgo Kusuma Dwi Noor Yadi Putra orcid  -  Institut Pertanian Bogor, Indonesia
*Yopi Novita  -  Institut Pertanian Bogor, Indonesia
Budhi Hascaryo Iskandar  -  Institut Pertanian Bogor, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Program bantuan kapal penangkap ikan yang diberikan oleh pemerintah kepada nelayan memiliki banyak kendala sehingga banyak kapal bantuan tersebut tidak digunakan secara optimal. Salah satu faktor kapal tersebut tidak digunakan adalah tidak sesuainya antara bentuk kapal dengan karakteristik dan kebiasaan nelayan setempat, seperti yang terjadi di daerah Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong. Oleh karena itu, perlu dilakukannya kajian terlebih dahulu untuk mengetahui keragaman bentuk kapal penangkap ikan di daerah tersebut. Kajian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan jumlah keragaman bentuk kapal penangkap ikan di daerah Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong. Data parameter bentuk kapal yang dibutuhkan adalah bentuk linggi haluan, linggi buritan, bentuk penampang membujur kasko, bentuk midship dan jenis kemudi. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode survei dan dikelompokkan dengan menggunakan metode hierarchical clustering. Hasil kajian menghasilkan dua kelompok bentuk kapal tradisional yang berbeda satu sama lain. Kelompok pertama beranggotakan kapal yang menggunakan linggi haluan berbentuk spoon bow, linggi buritan yang berbentuk elliptical stern dan kasko kapal dengan penampang membujur berbentuk double pointed. Kelompok kedua beranggotakan kapal yang menggunakan linggi haluan berbentuk raked bow, linggi buritan berbentuk transom dan kasko kapal dengan penampang membujur berbentuk transom.

 

Fishing vessel assistance program provided by the government has a lot of obstacles, causing many ships are not being used optimally by fishermen. The incompativility between the forms of the ships with the characteristics and habits of local fishermen, such as in the Brondong Fisheries Port area. Therefore, a study to determine the diversity forms of fishing vessels in the area needs to be done. The purpose of this study was to identify and determine the diversity forms of fishing vessels in the Brondong Fisheries Port area. The required vessel shape parameter data is the shape of bow, stern, steering type, cross section and midship of hull. The data is collected using survey methods and grouped by hierarchical clustering method. The results showed that there were two traditinoal ship design groups. The first group consists of ships that have a spoon-shaped bow, elliptical stern and a double pointed cross hull. The second group consists ships that have raked bow, transom stern and transom hull.

Fulltext View|Download
Keywords: bentuk lambung; kapal penangkap ikan; bantuan pemerintah; jawa timur

Article Metrics:

Article Info
Section: Research Articles
Language : ID
  1. Bangun, T.N.C. 2017. Performa Teknis Bentuk Linggi Haluan Kapal Penangkap Ikan di Beberapa Wilayah di Indonesia. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 77 hlm
  2. Bangun, T.N.C., Novita, Y., Iskandar, B.H. 2017. Bentuk Linggi Haluan Kapal Penangkap Ikan (Kurang dari 30 GT). Albacore. 1(2):127-137
  3. Bezdek, J.C. 1981. Pattern Recognition with Fuzzy Objective Function Algoritms. Plenum Press. New York. 267 hlm
  4. Dewa S, Muhammad AH. 2010. Teknologi Pembangunan Kapal Kayu Tradisional di Tanahberu Kabupaten Bulukumba. Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan. 9 Des 2010. Surabaya. 1-7
  5. Fathanah, Y., Wiyono, E.S., Darmawan., Novita, Y. 2013. Dinamika dan Karakteristik Unit Penangkapan Ikan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan. 4(2):139-147
  6. Ginting, A., Yudo, H., Budiarto, U. 2016. Komparasi Desain dan Analisa Performa Manuver pada Daun Kemudi Konvensional dengan Daun Kemudi Ekor Ikan Menggunakan Metode CDF (Computational Fluid Dynamic). Jurnal Teknik Perkapalan. 4(1):123-131
  7. [KIARA] Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan. 2014. Bocornya Seribu Kapal. Kabar Bahari. 7(1). 39 hlm
  8. Manopo, A.R., Masengi, K.W.A., Pamikiran, R. D. Ch. 2012. Studi Pengaruh Bentuk Kasko pada Tahanan Kapal Pukat Cincin di Tumumpa, Bitung, dan Molibagu (Provinsi Sulawesi Utara). Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. 1(2):63-68
  9. Mira. 2013. Performance of Ship Assistance Program for Fisheries. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 14(2):180-191
  10. Munawaroh, S., Adrianto, A., Suwarno. 2017. Perahu Tradisional Ijon-ijon di Desa Kandang Semangkon Lamongan. BPNB. Yogyakarta
  11. Pasaribu, R., Fauziyah, Agustriani, F. 2011. Karakteristik Desain Kapal Perikanan Bottom Gilnet di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Bangka Belitung. Maspari Journal. 2(1):54-69
  12. Praharsi, Y., Jami’in, M.A., Suhardjito, G., and Wee, H.-M., Product quality characteristics for the standardization of traditional boats in East Java, Indonesia, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Pretoria/Johannesburg, South Africa, October 29-November 1, 2018
  13. Rouf, A.R.A., Novita, Y. 2006. Studi tentang Bentuk Kasko Kapal Ikan di Beberapa Daerah di Indonesia. TORANI. 16(4):240-249
  14. Rumanti, V., Novita, Y., Kusumanti, I. 2011. Tingkat Pemanfaatan Material Kayu Pembuatan Gading-gading di Galangan Kapal Rakyat UD. Semangat Untung Desa Tanah Beru Bulukumba Sulawesi Selatan. Buletin PSP. 19(3):219-228
  15. Santara, A., Purwangka, F., Iskandar, B.H. 2014. Peralatan Keselamatan Kerja pada Perahu Slerek di PPN Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali. Jurnal IPTEKS PSP. 1(1):53-68
  16. Soeboer, D.A., Iskandar, B.H., Imron, M., Ardiyani W.A. 2018. Aspek Teknis dan Pemanfaatan Kapal Inka Mina di PPP Tegalsari, Tegal dan PPS Cilacap, Jawa Tengah. Albacore. 2(3):357-368
  17. Supranto, J. 2000. Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen: Edisi Baru. Rineka Cipta. Jakarta. 336 hlm
  18. Tandipuang, P., Novita, Y., Iskandar, B.H. 2015. Kesesuaian Desain Operasional Kapal Inkamina 163 Berbasis di PPP Sadeng Yogyakarta. Jurnal Kelautan Nasional. 10(2):103-112
  19. Trimulyono, A., Manik, P., Hakim, W.M.A. 2013. Pengaruh Profile Kemudi terhadap Aliran Fluida pada Kapal Ikan Tradisional KM. Surya Andalan berbasis CFD. KAPAL. 9(1):13-21
  20. Wibawa, I. P. A. 2016. Sustainable Fishing Vessel Development by Prioritising Stakeholders Engagement in Indonesian Small Scale Fisheries. Newcastle University. Newcastle
  21. Yamin, M. 2015. Poros Maritim Indonesia Sebagai Upaya Membangun Kembali Kejayaan Nusantara. Jurnal Insignia. (2)2: 67-81
  22. Zain, J. 2010. Studi Bahan dan Konstruksi Kapal Perikanan Jaring Insang di Kota Dumai, Propinsi Riau. Berkala Perikanan Terubuk. 38(1):82-94

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 12:56:40

No citation recorded.