Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{JSMO32470, author = {Zihni Aziz}, title = {PENGARUH FASILITAS DAN PENGALAMAN PENGUNJUNG TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PENGUNJUNG (SURVEY PADA PENGUNJUNG WISATA UMBUL PONGGOK KLATEN)}, journal = {JURNAL STUDI MANAJEMEN ORGANISASI}, volume = {17}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {Fasilitas, Pengalaman pengunjung, Loyalitas pengunjung, Kepuasan pengunjung}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)Pengaruh fasilitas terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten, (2)Pengaruh pengalaman pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten, (3)Pengaruh fasilitas melalui kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten, (4)Pengaruh pengalaman pengunjung melalui kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sampling, di mana hanya wisatawan yang berdomisili Klaten minimal pernah sekali melakukan kunjungan. Jumlah sampel sejumlah 110 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisoner disusun dengan Skala Likert dan kemudian dihitung dengan metode SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Fasilitas berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung dengan koefisien beta sebesar 0.233 dan hasil signifikan 0.015 ;(2) Pengalaman pengunjung berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung dengan koefisien beta sebesar 0,382 dan hasil signifikan sebesar 0,000 ;(3) Fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung dengan besar pengaruh total 0,395 dan t hitung sebesar 2,319 < 1,98 (t tabel ) dengan tingkat signifikansi 0,050 ;(4) Pengalaman pengunjung tidak berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung dengan besar pengaruh total sebesar 0,447 dan t hitung sebesar 1,897 < 1,98 dengan tingkat signifkan 0,050 }, pages = {8--18} doi = {10.14710/jsmo.v17i2.32470}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/32470} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)Pengaruh fasilitas terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten, (2)Pengaruh pengalaman pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten, (3)Pengaruh fasilitas melalui kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten, (4)Pengaruh pengalaman pengunjung melalui kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sampling, di mana hanya wisatawan yang berdomisili Klaten minimal pernah sekali melakukan kunjungan. Jumlah sampel sejumlah 110 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisoner disusun dengan Skala Likert dan kemudian dihitung dengan metode SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Fasilitas berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung dengan koefisien beta sebesar 0.233 dan hasil signifikan 0.015 ;(2) Pengalaman pengunjung berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung dengan koefisien beta sebesar 0,382 dan hasil signifikan sebesar 0,000 ;(3) Fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung dengan besar pengaruh total 0,395 dan t hitung sebesar 2,319 < 1,98 (t tabel ) dengan tingkat signifikansi 0,050 ;(4) Pengalaman pengunjung tidak berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung dengan besar pengaruh total sebesar 0,447 dan t hitung sebesar 1,897 < 1,98 dengan tingkat signifkan 0,050
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-07-20 18:54:03
In order to be accepted and published by Jurnal Studi Manajemen Organisasi, the author (s) who submit a manuscript should complete the review process. Jurnal Studi Manajemen Organisasi articles are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). Articles can be read, shared, and adapted even for commercial purposes under the following conditions:
The copyright of received articles is assigned to the author (s). The author (s) have the right to the articles that have been published. The Editorial Team of Jurnal Studi Manajemen Organisasi and the Author(s) strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the articles. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
View My Stats
Jurnal Studi Manajemen Organisasi (e-ISSN : 2828-4534) is a scientific journal published by Management Departement Faculty of Economics and Business Diponegoro University under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.