skip to main content

PENGARUH KONFLIK KELUARGA-PEKERJAAN, KETERLIBATAN PEKERJAAN, DAN TEKANAN PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN WANITA STUDI PADA NUSANTARA TOUR & TRAVEL KANTOR CABANG DAN KANTOR PUSAT SEMARANG

*Ratna Dhamayanti  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAKSI

Peningkatan jumlah tenaga kerja wanita yang terjadi saat ini haruslah disikapi oleh setiap perusahaan dengan memperhatikan dan menciptakan kepuasan kerja bagi karyawannya. Kepuasan kerja bagi karyawan, khususnya karyawan wanita dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diduga adalah faktor konflik keluarga-pekerjaan, keterlibatan pekerjaan, serta tekanan pekerjaan. Konflik kepentingan antara karir dan keluarga yang pada umumnya dialami oleh wanita yang bekerja haruslah dikelola dengan baik agar kepuasan kerja karyawan wanita tersebut dapat tercipta. Dilibatkannya karyawan dalam pekerjaannya akan meningkatkan tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap perusahaan, sehingga karyawan merasa puas terhadap pekerjaannya. Selain itu bila tekanan pekerjaan yang dirasakan karyawan juga dapat dikelola dengan baik, maka kepuasan kerja akan tercipta. Pada akhirnya, perusahaan bukan hanya akan unggul dalam persaingan, namun juga mampu memperhatikan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya, yang merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Penelitian ini dilakukan di NUSANTARA Tour & Travel Kantor Cabang dan Kantor Pusat Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan jumlah responden sebesar 118 orang dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh konflik keluarga-pekerjaan, keterlibatan pekerjaan, dan tekanan pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan wanita. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis dengan analisis regresi berganda.

Dengan menggunakan metode regresi berganda dapat disimpulkan bahwa konflik keluarga - pekerjaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan wanita dengan nilai P value 0,000 < 0,05 dan t-hitung sebesar –4,143. Keterlibatan pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan wanita dengan nilai P value 0,000 < 0,05 dan t-hitung sebesar 3,743. Sedangkan tekanan pekerjaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan wanita dengan nilai P value 0,002 < 0,05 dan t-hitung sebesar –3,246.

Kata Kunci : Konflik Keluarga-Pekerjaan; Keterlibatan Pekerjaan;Tekanan Pekerjaan; Kepuasan Kerja Karyawan Wanita

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.