skip to main content

METODE PENGATURAN PENGGUNAAN TENAGA LISTRIK DALAM UPAYA PENGHEMATAN BAHAN BAKAR PEMBANGKIT DAN ENERGI

*Agung Nugroho  -  Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik Undip, Semarang, Indonesia
Diterbitkan: .

Citation Format:
Sari

Dalam pengoperasian sistem  tenaga listrik harus selalu diusahakan agar daya yang dibangkitkan sama dengan permintaan daya sistem.  Pengaturan pembangkitan untuk memenuhi permintaan tenaga listrik, disusun menurut prioritas, yaitu pembangkit dengan biaya bahan bakar paling murah ditempatkan untuk mendukung beban dasar, sedangkan pembangkit yang tidak efektif digunakan untuk mendukung waktu beban puncak.

Pengaturan penggunaan tenaga listrik adalah program pengaturan waktu dan besaran pemakaian tenaga listrik agar diperoleh pemakai an yang efisien dan hemat.  Pengaturan dilakukan dengan menurunkan atau menghemat tenaga listrik, pemangkasan beban puncak dan pengalihan beban dari waktu beban puncak (WBP) ke luar waktu beban puncak  (LWBP), sehingga suplai pembangkit yang tidak efisien  bahan bakarnya dapat berkurang. Metoda pengaturan pemakaian tenaga listrik dari sisi
pengguna adalah high efficiency lighting, improved refrigerators, improved air conditioning, improved motors, penggunaan tenaga listrik pada luar waktu beban puncak, energy management audits, efficient new construction. pelaksanaan metoda tersebut perlu dilakukan sosialisasi ke konsumen tenaga listrik. Penghematan yang diperoleh dapat digunakan untuk menunda rencana pembangunan sistem tenaga listrik yang disebabkan pertumbuhan permintaan tenaga listrik, pemenuhan permintaan calon pelanggan tenaga listrik dan menurunkan pembayaran rekening listrik.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update: 2021-07-24 05:09:45

No citation recorded.

Last update: 2021-07-24 05:09:45

No citation recorded.