IMPLEMENTASI COSINE SIMILARITY MATCHING DALAM PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR

Loura Yasni -  Departemen Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
*Imam Much Ibnu Subroto -  Departemen Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Sam Farisa Chaerul Haviana -  Departemen Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Agung
Dikirim: 30 Jan 2018; Diterbitkan: 31 Jan 2018.
Akses Terbuka Copyright (c) 2018 TRANSMISI

Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel Jurnal
Bahasa: ID-ID
Teks Lengkap:
Statistik: 789 299
Sari
Tugas akhir merupakan karya besar mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Tidak jarang dalam penyekesaiannya ditempuh dalam yang lama dimana salah satunya dikarenakan tidak mendapatkan bimbingan yang baik dari dosen. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah ketidak sesuaian bidang ilmu dosen dengan tema tugas akhir, beban dosen yang sudah besar dan dosen belum pengalaman melakukan penelitian yang relevan dengan tema tugas akhir mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplemnetasikan metode Cosine Similarity dalam penentuan dosen pembimbing tugas akhir supaya mendapatkan proses bimbingan yang optimal. Cosine Similarity adalah metode untuk menghitung similarity (tingkat kesamaan) antar dua buah objek. Pada penelitian ini dihitung tingkat kesamaan antar judul, topik, dan abstrak tugas akhir mahasiswa dibandingkan dengan data dosen pembimbing berupa keahlian dosen pembimbing, tugas akhir yang pernah dibimbing oleh dosen. Kemudian metode Cosine Similsrity akan memnghitung tingkat kesamaan kedua query tersebut. Nilai kemiripan yang tertinggi akan dimunculkan sebagai dosen pembimbing yang direkomendasikan. Metode peneltian yang digunakan adalah metode modified waterfall. Sistem yang telah dibangun merupakan sistem rekomendasi yang dapat membantu koordinator tugas akhir dalam pendistribusian dosen pembimbing tugas akhir. Selain itu, sistem rekomendasi dosen pembimbing tugas akhir dengan menerapkan metode Cosine Similarity membantu mahasiswa mendapatkan dosen pembimbing sesuai dengan tugas akhir yang diajukan.
Kata Kunci
Sistem rekomendasi; dosen pembimbing; cosine similarity

Article Metrics:

  1. . S. Christina, “Kinerja Cosine Similarity dan Semantic Similarity dalam Pengidentifikasian Relevansi Nomor Halaman pada Daftar Indeks Istilah,” di Sentika, 2014.
  2. . M. Fachrurrozi, M. Fachrurrozi, and A. A. Manik, "Perbaikan Ejaan Kata pada Dokumen Bahasa Indonesia dengan Metode Cosine Similarity Perbaikan Ejaan Kata pada Dokumen Bahasa Indonesia dengan Metode Cosine Similarity", Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya, Universitas Andalas, 2016.
  3. . A. Salam, V. P. Wicaksana, and K. Hastuti, “Sistem Rekomendasi Penentuan Dosen Pembimbing Tugas Akhir dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karp,” Techno.COM, vol. 14, no. 3, hal. 225–233, 2015.
  4. . Jarwati, A.C. Prihandoko, W.E. Yulia R , “Penerapan Algoritma Winnowing pada Sistem Rekomendasi Penetuan Dosen Pembimbing Skripsi (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi),” BERKALA SAINSTEK, vol. 5, no.1, hal. 11-20, 2017.
  5. . Gunawan, I. Lestari, and M. I. Zul, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pembimbing dan Penguji Proyek Akhir di Politeknik Caltex Riau,” in 3rd Applied Business and Engineering Conference, Batam, 17-18 Sept 2015.
  6. . R. V. Imbar, M. Ayub, and A. Rehatta, “Implementasi Cosine Similarity dan Algoritma Smith-Waterman untuk Mendeteksi Kemiripan Teks,” J. Inform., vol. 10, hal. 31–42, 2014.
  7. . O. Nurdiana, Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity dengan Metode Jaccard Similarity pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al - Qur ’ an,” JOIN, vol. I, no. 1, hal. 59–63, 2016.
  8. . T. M. Akbar, A. P. Kurniati, M. A. Bijaksana, F. T. Informatika, and U. Telkom, “Analisis Perbandingan Metode Pembobotan Kata Tf.Idf dan Tf.Rf Terhadap Performansi Kategorisasi Teks,” Tugas Akhir, Teknik Informatika, Universitas Telkom, 2012.
  9. . W. Yulita, “Implementasi Metode Maximum Marginal Relevance pada Peringkasan Teks,” Tugas Akhir, Universitas Negeri Semarang, 2015.
  10. . Sugiyamto, B. Surarso, and A. Sugiharto, “Analisa Performa Metode Cosine dan Jacard pada Pengujian Kesamaan Dokumen,” J. Masy. Inform., vol. 5, no. 10, hal. 1–8, 2014.