skip to main content

RANCANG BANGUN ELECTRICITY MANAGEMENT SYSTEM UNTUK BEBAN PENERANGAN DAN PENDINGINAN PADA RUANG B.301 TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO

*Achmad Hermansyah  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Sumardi Sumardi  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Aris Triwiyanto  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Diterbitkan: 12 Nov 2014.

Citation Format:
Sari

Abstrak

Institusi pendidikan memiliki beban pada setiap ruangan. Dalam penggunaannya terkadang terlalu berlebihan. Hal ini menyebabkan pemborosan energi. Para pengguna ruangan juga memiliki kesadaran yang kurang. Electricity management system dirancang untuk mengatasi pemborosan energi. Sistem berfungsi sebagai pengaturan beban lampu dan AC pada ruang B.301 teknik Elektro Universitas Diponegoro, sehingga penggunaan energi listrik yang optimal dapat tercapai. Penyalaan dan pematian beban ini menggunakan tiga mode, yaitu mode manual dengan saklar, mode remote dari HMI, dan mode penjadwalan. Sensor LDR digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan cahaya dari luar. Sensor ini bekerja berdasarkan pembukaan tirai pada ruang laboratorium. Sistem ini menggunakan PLC Omron CPM1A 40 CDR sebagai kontroler dengan ladder diagram yang dibuat melalui CX-Programmer. HMI sebagai pengaktifan mode remote dan penjadwalan dibuat melalui CX-Supervisor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah electricity management system dapat berfungsi dengan baik. Sistem hanya dapat menyalakan dan mematikan beban melalui satu mode. Mode manual mampu menyalakan dan mematikan beban dari saklar yang tersedia dengan waktu yang cepat. Mode remote memilik rata-rata waktu tunda sebesar 5,55 detik pada pergantian status beban di ruangan dan rata-rata sebesar 10,89 detik pada tampilan HMI. Sistem berfungsi dengan baik pada mode penjadwalan per hari.Sistem mampu menyalakan beban sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

Kata kunci : PLC, HMI, sistem kelistrikan, beban penerangan.

 

 

Abstract

 

Educational institutions have several equipment that is supplied by electrical energy. Sometimes users of the room use the energy too much. Electricity management system was designed to contend that problems. This system controlled the loads on B.301 room, so the energy can be used optimally. The loads could be turned on by three modes, manually, HMI, and time scheduling. Light sensor was used to optimize light from the outside. That sensor worked based on opening the curtain. This system used PLC OMRON CPM1A 40 CDR as controller with the ladder diagram that made through CX-Programmer. HMI as a remote mode and time scheduling was made by CX-Supervisor. The result of this research is electricity management system may function well. The system could activated the loads by only in one mode. Manually mode showed the loads could be turned on and turned off using switch that available on the B.301 room. Remote mode had an average delay time about 5,55 seconds that showed a change condition of the loads between on and off in the room. and in indicator of HMI about 10,89 seconds. That system able to turn on and turn off the loads in accordance with time scheduling mode.

Keywords: PLC, HMI, electricity system, light loads
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-23 13:54:06

No citation recorded.