skip to main content

Analisis Penyebaran Pb Dan Fe Pada Air Permukaan Dengan Metode Interpolasi SIG Di TPA Kota Pontianak

Department of Environmental Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura, Jl. Prof. Hadari Nawawi, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kode Pos : 78124, Indonesia

Received: 13 Jan 2022; Revised: 20 Apr 2022; Accepted: 11 May 2022; Available online: 26 Sep 2022; Published: 27 Sep 2022.
Editor(s):

Citation Format:
Abstract

TPA Batu Layang Kota Pontianak merupakan Tempat Pemrosesan Akhir sampah di Kota Pontianak, yang masih menerapkan sistem pengelolaan open dumping. TPA dengan sistem open dumping berpotensi menimbulkan air lindi dan pencemar lainnya dengan jumlah yang besar ke lingkungan sekitarnya, termasuk lingkungan parit tempat keluarnya outlet saluran IPAL TPA Kota Pontianak. Parit tersebut, yang bertempat di Gang Badai RT 01/RW 19 Kecamatan Pontianak Utara masih dipakai oleh warga setempat sebagai sarana rekreasi dan tempat mencuci. Untuk itu dilakukan penelitian mengenai Penyebaran Pb dan Fe Pada Air Permukaan Dengan Metode Interpolasi Ordinary Kriging SIG di TPA Kota Pontianak dengan tujuan menganalisis penyebaran lindi berdasarkan baku mutu Pb dan Fe pada air permukaan dengan menggunakan Metode Interpolasi SIG. Pengambilan sampel dilakukan di 8 titik sampel yang ditentukan yang berada di parit Gang Badai dengan jarak maksimum sejauh 329 meter dari IPAL TPA Kota Pontianak. Hasilnya ditemukan kandungan Fe tertinggi sebanyak 11,25 mg/l Adapun kandungan Pb di semua titik memenuhi standar baku mutu PermenLHK No. 5 Tahun 2014 Lampiran XLVII. Kandungan pH melebihi baku mutu di 6 titik, dengan kandungan tertinggi 7,59 dan kandungan terendah 5,44. Tempat yang tidak memenuhi standar baku mutu tersebut berjarak 60 meter dari IPAL sampai titik terakhir pengambilan sampel. Ini menunjukkan kandungan logam berat Pb dan Fe tidak mencapai perumahan warga RT 01/RW 19, namun air yang berada di dekat perumahan warga mempunyai pH yang dibawah baku mutu.

Fulltext View|Download
Keywords: (Air Lindi; Interpolasi; Fe; Pb; Tempat Pemrosesan Akhir

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.