skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUNCI PEMENUHAN LEAD TIME DENGAN PENDEKATAN DEMATEL: STUDI KASUS PABRIK SEPEDA

Johana Kezia Davita  -  Petra Christian University, Indonesia
Bella Eka Fianty  -  Petra Christian University, Indonesia
Jason Averell Lumanto  -  Petra Christian University, Indonesia
*Sandra Lukita  -  Petra Christian University, Indonesia
Jordan Lay  -  Petra Christian University, Indonesia
I Gede Agus Widyadana  -  Petra Christian University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT X adalah perusahaan yang bergerak dalam perakitan industri sepeda. Perusahaan saat ini mampu menawarkan lead time pemenuhan pesanan yakni sepanjang tiga sampai empat bulan. Lead time ini lebih panjang dibandingkan dengan pesaingnya yang mampu menawarkan lead time sepanjang dua hingga tiga bulan. Hal ini menunjukkan lead time di PT X berpontensi untuk dioptimalkan. Permasalahan panjangnya lead time PT X tersebut diperparah dengan adanya keterkaitan antar departemen yang menyebabkan permasalahan menjadi rumit dan sulit diketahui akar permasalahannya. Akar permasalah yang sulit diketahui tersebut dapat dianalisis dengan metode DEMATEL. Metode DEMATEL mampu menganalisis hubungan antar faktor sehingga dapat diketahui faktor utama dari permasalahan. Metode DEMATEL dilengkapi dengan menggunakan influential relation map. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi faktor lain adalah “komponen tidak lengkap atau tidak kompatibel”, “Bill of Material kurang lengkap (kuantitas atau kompatibilitas) mengakibatkan komponen kurang sehingga produksi shutdown”, “tidak ada standar waktu pengerjaan development, tidak adanya sampling ulang untuk komponen yang disubstitusi”. Faktor utama penyebab lead time yang paling besar pengaruhnya terhadap faktor lain adalah tidak adanya standar waktu pengerjaan development.

Fulltext View|Download
Keywords: lead time; supply chain; DEMATEL; influential relation map

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 19:46:10

No citation recorded.