BibTex Citation Data :
@article{J@TI45931, author = {Ary Arvianto and Wiwik Budiawan and Ahmad Karami and Fachrul Rozi and Jose Marthin}, title = {SIMULASI SISTEM PARKIR SPASIAL BERBASIS AGEN: SEBUAH PERANCANGAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI MODEL}, journal = {J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri}, volume = {17}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {transportasi; sistem parkir; simulasi; agent-based modeling}, abstract = { Parkir dapat menimbulkan permasalah transportasi diperkotaan. Rendahnya okupansi ruang parkir sebuah fasilitas umum juga berdampak pada kemacetan lalu lintas di sekitarnya. Studi ini berfokus pada optimalisasi ruang parkir dengan mengukur tingkat okupansinya. Mikro simulasi diterapkan untuk mendapatkan gambaran okupansi secara spasial. Oleh karena itu, pendekatan agent based digunakan untuk dapat menangkap aspek mikro terutama perilaku pengemudi dalam mencari tempat parkir. Simulasi ini menggunakan tiga skenario dalam analisis okupansinya yaitu parkir yang terjadi pada hari kerja, hari akhir minggu, dan hari raya atau masa libur panjang. Hasilnya adalah okupansi tertinggi terjadi pada skenario hari raya khususnya pada area pintu masuk, railway, dan area mesin tiket. Sementara itu, area tunnel adalah area yang paling sedikit diminati oleh pengendara dan memiliki okupansi paling sedikit. Penambahan pintu masuk dan mesin tiket di dekat area tunnel dapat meningkatkan okupansi parkir yang berarti berpotensi dapat manambah okupansi kendarannya. }, issn = {2502-1516}, pages = {71--81} doi = {10.14710/jati.17.2.71-81}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/45931} }
Refworks Citation Data :
Parkir dapat menimbulkan permasalah transportasi diperkotaan. Rendahnya okupansi ruang parkir sebuah fasilitas umum juga berdampak pada kemacetan lalu lintas di sekitarnya. Studi ini berfokus pada optimalisasi ruang parkir dengan mengukur tingkat okupansinya. Mikro simulasi diterapkan untuk mendapatkan gambaran okupansi secara spasial. Oleh karena itu, pendekatan agent based digunakan untuk dapat menangkap aspek mikro terutama perilaku pengemudi dalam mencari tempat parkir. Simulasi ini menggunakan tiga skenario dalam analisis okupansinya yaitu parkir yang terjadi pada hari kerja, hari akhir minggu, dan hari raya atau masa libur panjang. Hasilnya adalah okupansi tertinggi terjadi pada skenario hari raya khususnya pada area pintu masuk, railway, dan area mesin tiket. Sementara itu, area tunnel adalah area yang paling sedikit diminati oleh pengendara dan memiliki okupansi paling sedikit. Penambahan pintu masuk dan mesin tiket di dekat area tunnel dapat meningkatkan okupansi parkir yang berarti berpotensi dapat manambah okupansi kendarannya.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-22 03:45:19
Penulis yang mempublikasikan artikel pada jurnal J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
View statistics of J@ti Undip:
Articles in J@ti Undip are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License