ANALISIS ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY PADA PRODUK KARTU SELULER PRABAYAR SIMPATI, IM3, DAN XL DI KALANGAN MAHASISWA S1 UNIVERSITAS DIPONEGORO

*Arfan Bakhtiar  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Dwi Jayanto  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Published: 17 Nov 2015.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Salah satu industri yang sangat ketat persaingannya adalah industri telekomunikasi. Di Indonesia saat ini terdapat tiga perusahaan GSM yang menguasai pasar yang bergerak dalam industri ini, perusahaan itu adalah IM3 yang dikeluarkan oleh PT. Indosat TBK, XL yang dikeluarkan PT. Excelcomindo Pratama dan Simpati yang dikeluarkan oleh PT. Telekomunikasi Seluler. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti elemen-elemen ekuitas merek dari ketiga merek kartu telepon tersebut. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada para pembaca mengenai produk kartu telepon apa yang paling diingat konsumen asosiasi-asosiasi apa saja yang melekat pada kartu-kartu telepon tersebut, produk kartu telepon apa yang memiliki tingkat loyalitas paling tinggi, serta bagaimana persepsi kualitas konsumen terhadap kartu-kartu tersebut. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini akan menggunakan Uji Cohran. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tiap elemen-elemennya, didapat bahwa produk kartu Simpati adalah produk yang memiliki tingkat brand awareness paling tinggi, asosiasi produk yang paling banyak adalah Simpati dengan 7 asosiasi, tingkat loyalitas konsumen pengguna kartu telepon yang paling tinggi adalah kartu Simpati, serta kartu telepon yang memiliki brand perceived quality yang diukur berdasarkan performance dan importancenya adalah kartu Simpati.

 

Kata kunci: brand association; brand awareness; brand equity;brand loyalty; perceived quality

Abstract

The globalization era provides new business opportunities and challenges for industries operating in Indonesia. One of the industries that has tight competition is telecommunications industry. In Indonesia, there are currently three GSM industries that dominate the market that engaged in the industry. They are IM3, owned by Indosat TBK Ltd., XL, owned by Excelcomindo Pratama Ltd. and Simpati Ltd., owned by Telekomunikasi Seluler. This paper aims to examine the elements of brand equity of the three brands of the cards. This paper provides information to the readers about what phone card products most remembered for the consumer, what the associations are attached to the phone cards, what phone card products that have the highest levels of loyalty, and how the consumers perceived quality of the cards. Hypothesis testing in this study uses Cochran test. From the results of the research that is conducted on each of its elements, it results that: Simpati card is a product that has the highest level of brand awareness; the most product associations is Simpati product with 7 associations; the highest phone card consumer loyalty level is the Simpati card; and a phone card that has a brand perceived quality is measured based on its performance and importance is Simpati card.

Keywords: brand association; brand awareness; brand equity; brand loyalty; perceived quality

Keywords: brand association; brand awareness; brand equity;brand loyalty; perceived quality

Article Metrics:

Last update: 2021-04-15 15:48:52

No citation recorded.

Last update: 2021-04-15 15:48:52

No citation recorded.