BibTex Citation Data :
@article{JMKI17725, author = {Rr. Ladytama and J. Sugiarto and Sudiro Sudiro}, title = {Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Gigi RSI Sultan Agung Semarang}, journal = {Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia}, volume = {6}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {Quality of Service, assurance, patient satisfaction}, abstract = { Rumah sakit dinyatakan berhasil, tidak hanya pada kelengkapan fasilitas yang diunggulkan, melainkan juga pada sikap dan layanan sumberdaya manusia. Pemenuhan kebutuhan pasien, pelayanan prima menjadi tuntutan utama dalam pelayanan di rumah sakit. Kesehatan gigi dan mulut tidak terkecuali, karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan masyarakat di setiap rumah sakit. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan pelayanan kesehatan seharusnya dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman, bermutu serta merata dan non diskriminatif. Poligigi RSI Sultan Agung Semarang memiliki pelayanan gigi yang lengkap dengan dokter-dokter gigi spesialis yang berkompetensi dibidangnya, tetapi faktanya pelayanan masih belum optimal dikarenakan masih terdapat beberapa keluhan dari pasien, seperti antri menunggu dokter yang lama, dokter sudah datang namun masih harus menunggu, tidak segera mendapatkan pelayanan, jumlah kunjungan yang dibatasi, letak pendaftaran dan poli gigi yang dirasakan jauh. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental (observational) kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang terlibat dalam kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSI Sultan Agung Semarang dengan karakter pasien yang sudah pernah periksa dan mendapatkan pelayanan di poliklinik gigi RSI Sultan agung Semarang, jumlah sampel diambil sebanyak 100 responden dengan teknik Non Probability Sampling selanjutnya analisis dilakukan degan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel pada Kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang meliputi variabel penampilan fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian berpengaruh positif dan signfiikan terhadap kepuasan pasien di Poliklinik Gigi RSI Sultan Agung Semarang, dimana variabel responsiveness mempunyai pengaruh signifikan sebesar 0,929 dengan arah positif yang merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan }, issn = {2548-7213}, pages = {151--158} doi = {10.14710/jmki.6.2.2018.151-158}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/article/view/17725} }
Refworks Citation Data :
Rumah sakit dinyatakan berhasil, tidak hanya pada kelengkapan fasilitas yang diunggulkan, melainkan juga pada sikap dan layanan sumberdaya manusia. Pemenuhan kebutuhan pasien, pelayanan prima menjadi tuntutan utama dalam pelayanan di rumah sakit. Kesehatan gigi dan mulut tidak terkecuali, karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan masyarakat di setiap rumah sakit. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan pelayanan kesehatan seharusnya dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman, bermutu serta merata dan non diskriminatif.
Poligigi RSI Sultan Agung Semarang memiliki pelayanan gigi yang lengkap dengan dokter-dokter gigi spesialis yang berkompetensi dibidangnya, tetapi faktanya pelayanan masih belum optimal dikarenakan masih terdapat beberapa keluhan dari pasien, seperti antri menunggu dokter yang lama, dokter sudah datang namun masih harus menunggu, tidak segera mendapatkan pelayanan, jumlah kunjungan yang dibatasi, letak pendaftaran dan poli gigi yang dirasakan jauh.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental (observational) kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang terlibat dalam kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSI Sultan Agung Semarang dengan karakter pasien yang sudah pernah periksa dan mendapatkan pelayanan di poliklinik gigi RSI Sultan agung Semarang, jumlah sampel diambil sebanyak 100 responden dengan teknik Non Probability Sampling selanjutnya analisis dilakukan degan menggunakanStructural Equation Model (SEM).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 11:48:44
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to JMKI journal and Master’s Study Program in Public Health, Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JMKI journal and Master of Public Health Study Program, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JMKI journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JMKI]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Farid Agushybana, S.KM., Ph.D (Editor-in-Chief)Editorial Office of Jurnal Manajemen Kesehatan IndonesiaMaster of Public Health Study Program, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp./Fax: +62-24-7460044Email: hybana@gmail.com / jmki@live.undip.ac.id
Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia (e-ISSN: 2548-7213, p-ISSN: 2303-3622) is published by Master of Publich Health, Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View statistics